Scroll to Top

Facebook Berusaha Mematenkan Kata ‘Book’, ‘Face’, dan ‘Wall’

By Ibnu Azis / Published on Monday, 26 Mar 2012

Facebook Patenkan Book dan WallFacebook sedang berupaya untuk mematenkan tiga kata; Book, Face, dan Wall sebagai merek Facebook sebagai pemilik resmi.

Jejaring sosial semiliar umat ini secara diam-diam menyematkan tiga kata tersebut sebagai klausa kecil di laman persetujuan perjanjian.

Dengan demikian Facebook berupaya untuk melindungi tiga kata tersebut untuk dipergunakan oleh pihak manapun di masa depan.

Tentu saja dengan payung hukum.

“Anda tidak akan menggunakan hak cipta atau mereka dagang pruduk kami, termasuk Facebook, logo, Poke, Book, Face,  dan Wall,” tulis Facebook dalam persetujuan perjanjian tersebut.

Sebelumnya Facebook juga telah mematenkan setidaknya 70 merek dagang lainya. Sebut saja F, F8, Friendfeed, dan Facebook Ads.

Dan jika calon pengguna Facebook menklik atau mencentang setuju, maka mereka secara hukum telah menyetujui syarat dan penggunaan Facebook termasuk merek dagang tersebut.

Wired melaporkan, baru-baru ini sebuah perusahaan yang bernama myEworkBook telah ditolak tatkala mengajukan permohonan paten yang diajukan.

Apakah perusahaan tersebut mengandung kata Book yang telah diketahui secara umum jika sangat identik dengan Facebook?

Contoh lain, pada Agustus 2010 silam, Facebook pernah menggugat perusahaan yang bernama TeachBook.

Facebook mengatakan jika penggunaan kata dalam perusahaan tersebut identik dengan Facebook. Dan bisa saja mengidentifikasi sebagai produk atau layanan jasa dari Facebook jika diinterpretasikan secara awam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda