Scroll to Top

China Membersihkan Jalan Raya dengan Mesin Sapu Ijuk

By Ibnu Azis / Published on Monday, 26 Mar 2012

Cina Membersihkan Jalan Raya dengan Mesin Sapu Ijuk

Mungkin petugas kebersihan ini penggemar sapu terbang Harry Potter. Ia menggunakan 16 sapu ijuk yang diikatkan pada sebuah benda mirip roda kemudian diletakkan dibelakang mobil pick up.

Benda mirip roda tersebut dapat berputar searah jarum jam. Dan perputaran roda ini digunakan untuk menggerakan ke-16 sapu ijuk tersebut.

Cina Membersihkan Jalan Raya dengan Mesin Sapu Ijuk

Dan ke-16 sapu ijuk ini nantinya berfungsi sebagai alat pembersih jalan raya di China yang dijalankan secara manual namun otomatis.

Anda mungkin tak pernah membayangkan, jika alat sederhana ini telah digunakan dalam beberapa dekade. Sungguh inovatif, namun sangat ironis.

Cina Membersihkan Jalan Raya dengan Mesin Sapu Ijuk

Sangat inovatif. Sistemnya sederhana, peralatannya sangat mudah dicari, serta pengoperasian alat tersebut dapat dilakukan tanpa memerlukan keahlian khusus.

Dengan dalih murah dan hemat biaya, alat ini tetap dipertahankan hingga sekarang. Bukankah ini sangat ironis?

Alat tersebut biasanya menyapu pinggir jalanan kota-kota China serta trotoar di pagi hari sebelum aktivitas mulai sibuk.

Cina Membersihkan Jalan Raya dengan Mesin Sapu Ijuk

Alat ini sebenarnya memicu bahaya pengguna jalan sekitar. Perputaran rodanya yang cukup kencang dapat melukai pengguna jalan di kiri maupun kanannya.

Okay cukup narasinya, sila lihat cuplikannya dibawah. Tulis pendapat Anda di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda