Scroll to Top

Stop Dulu Berolahraga Jika Muncul Tanda Ini

By Ilham Choirul / Published on Monday, 26 Mar 2012

Olahraga memang penting untuk kesehatan. Banyak sekali keuntungan berolahraga selama dilakukan dengan benar. Gaya hidup penuh gerak ini tidak ada ruginya buat Anda  rutin mengerjakannya.

Woman Lifting Weights

Namun,berolahraga juga punya batasan. Tidak setiap keadaan membuat olahraga menjadi optimal fungsi. Dikutip dari Times of India, ada beberapa keadaan yang sebaiknya Anda perhatikan dalam berolahraga.

  • Terkena flu. Flu terjadi saat kekebalan tubuh Anda menurun. Yang Anda butuhkan adalah beristirahat dan mengonsumsi makanan bergizi untuk melawan virus. Berada di gym atau melakukan olahraga di luar rumah mungkin akan memperburuk kondisi Anda. Orang-orang di sekitar Anda juga rentan tertular penyakit tersebut.
  • Mengantuk. Obat mengantuk itu tidur, dan bukan berolahraga. Nekat berolahraga selama kondisi mengantuk menyebabkan risiko cedera. Penyebabnya, otak Anda sedang membutuhkan oksigen dan dalam kondisi kerja tidak maksimal. Anda perlu istrirahat secepatnya.
  • Banyak bekerja. Barangkali And termasuk tipe orang yang sangat sibuk. Waktu dan tenaga Anda terkuras untuk melakukan pekerjaan hingga membuat Anda merasa kecapekan. Kalau sekiranya kekuatan tubuh Anda tidak mampu lagi dipakai untuk berolahraga, sebaiknya jangan paksaan. Kecapekan sepanjang hari itu sebaiknya diakhiri dengan istirahat untuk memulihkan energi.
  • Lapar. Jangan memaksakan berolahraga dengan perut kosong. Energi Anda dalam posisi kurang dan akan menghambat aktivitas olahraga Anda. Untuk olahraga berat, sebaiknya isilah perut dengan makanan berkarbohidrat kira-kira 15 menit sebelum melakukannya. Jika Anda makan lebih dari tiga jam sebelum olahraga, ada baiknya Anda makan dan tunggu sekitar satu jam sebelum olahraga.
  • Merasa sakit. Kalau Anda sakit mestinya dipakai untuk istirahat. Pada kondisi seperti ini massa otot justru berkurang. Istirahat akan membuat massa otot kembali pulih. Berolahraga saat sakit hanya akan menambah risiko cedera buat tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda