Scroll to Top

Lionel Messi Atau Cristiano Ronaldo Top Skorer Liga Spanyol?

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 26 Mar 2012

Pekan ke-29 Liga Spanyol. Sebuah gol Lionel Messi menjadi pembuka kemenangan El Barca dari tuan rumah Real Mallorca 0-2. Dua jam kemudian, dua gol Cristiano Ronaldo menghapus mimpi buruk Real Madrid. Sang pemimpin klasemen menggerus Real Sociedad 5-1.

Lionel Messi Cristiano Ronaldo

Dua pemain terbaik dunia yang menjadi kunci dua tim terbaik dunia; berkejaran merebut gelar top skorer Liga Spanyol. Siapa yang akan unggul? Saat ini, keduanya berdiri sejajar. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sama-sama mencetak 35 gol setelah 29 pekan bergulir.

Dari segi menit bermain, Lionel Messi lebih unggul daripada Cristiano Ronaldo. Messi mencetak 35 gol tersebut dalam 2558 menit. Artinya rata-rata anak muda berusia 24 tahun ini mencetak gol setiap 73 menit. Messi pernah tidak bermain saat El Barca menghadapi Sporting Gijon karena akumulasi kartu kuning.

Cristiano Ronaldo mencetak 35 gol dalam 2640 menit. CR7 selalu dimainkan dalam seluruh laga Real Madrid musim ini di Liga Spanyol. Rata-rata, ia membobol gawang lawan setiap 75 menit.

Dari segi murninya sebuah gol, lagi-lagi Lionel Messi lebih unggul. Pahlawan Barcelona tercatat cuma mendapatkan hadiah dua tendangan penalti —sebenarnya tiga, namun Messi gagal mengeksekusi tendangan 12 pas saat melawan Sevilla—. Bandingkan dengan Cristiano Ronaldo yang sudah 10 penalti. Dalam gambaran kasar, tanpa penalti Messi akan mencetak 33 gol atau unggul 8 gol dari CR7.

Namun, bicara gol dari kepala, Cristiano Ronaldo jauh lebih unggul dari sang mesiah. Dengan tinggi yang menjulang dan ketahanan fisik yang begitu prima, CR7 memang terkenal cukup jago dalam duel-duel udara. Hingga saat ini, sudah ada empat gol yang dicetak Ronaldo dengan kepalanya. Sementara, Lionel Messi cuma satu.

Yang paling menarik, adalah menanti sampai kapan keduanya berhenti mencetak gol. Liga Spanyol masih menyisakan sembilan pekan lagi. Saat ini, dengan 35 gol saja, Messi sudah melampaui catatannya musim 2009/2010 yang mencetak 34 gol. Sementara, Cristiano Ronaldo tinggal lima gol lagi untuk melewati rekornya musim lalu yang mengemas 40 gol —atau 41 gol versi harian Marca—.

Bukan tidak mungkin kedua pemain ini pada akhir musim ini mencetak 45 atau mungkin 50 gol; hal yang tentunya juga akan menjadikan salah satu dari mereka sebagai peraih Sepatu Emas Eropa tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda