Scroll to Top

Kegemukan Sebabkan Penurunan Kemampuan Kognitif

By Ilham Choirul / Published on Monday, 26 Mar 2012

kegemukan

Berat badan seimbang itu lebih aman untuk menjaga kemampuan kognitif. Semakin gemuk seseorang, kemampuan kognitif di otak juga menunjukkan penurunan yang lebih cepat dari kewajaran akibat proses degenerasi. Demikian hasil penelitian ilmuwan dari Seoul National University di Korea Selatan.

Peneliti menemukan, dari 250 relawan berusia 60 hingga 70 tahun yang mengalami obesitas, rata-rata memiliki hasil buruk saat menjalani tes kognitif. Mereka diberikan tes berkaitan dengan aritmatika, memori, dan orientasi sejumlah total 30 pertanyaan. Menariknya, relawan usia 70 tahun ke atas tidak mengalami permasalahan serupa.

“Temuan kami memiliki implikasi penting terhadap kesehatan masyarakat. Pencegahan obesitas, terutama obesitas sentral, mungkin penting untuk mencegah penurunan kognitif atau demensia,” kata Dae Hyun Yoon, seperti dikutip Daily Mail.

Menurut Alzheimer’s Society di Inggris, diperkirakan satu dari tiga orang berusia di atas 65 tahun meninggal dengan keluhan demensia. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur, menjaga berat badan, mengontrol kolesterol, dan menormalkan tekanan darah agar potensi terkena demensia dapat dikurangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda