Scroll to Top

Sauber Menyangkal Isu Konspirasi Dengan Ferrari

By Rheza Fadhlillah / Published on Tuesday, 27 Mar 2012

Sauber and Ferrari GP Malaysia 2012

Aura konspirasi diisukan muncul pada GP Malaysia ketika Sergio Perez mendapatkan pesan melalui radio dari teknisinya agar ia berhati-hati dan menjaga kesempatannya untuk mendapatkan poin.

Saat itu Perez sedang dalam posisi menekan pembalap Ferrari, Fernando Alonso, yang terlihat mengalami kesulitan dalam mengembangkan kecepatan mobilnya pada kondisi aspal sirkuit yang mulai mengering.

Tiba-tiba datang sebuah pesan melalui team radio yang berbunyi: “Checo hati-hati, kita membutuhkan posisi ini”.

Sejurus kemudian Perez melakukan kesalahan yang membuat mobilnya berlari melebar ketika berada tepat dibelakang mobil Ferrari Alonso. Itu membuat jarak antara Perez terhadap Alonso kembali menjauh sementara balapan hanya tinggal menyisakan sedikit putaran lagi. Alonso pun berhak keluar sebagai juara pada GP Malaysia.

Kejadian tersebut menimbulkan tanda tanya besar apakah Sauber sengaja memerintahkan Perez agar memberikan kemenangan kepada Alonso? Mengingat Sauber adalah salah satu tim non-pabrikan yang didukung oleh mesin Ferrari.

Peter Sauber selaku tim prinsipal menyangkal isu tersebut. “Tidak”, tegas Sauber. “100% tidak, 100% tidak sama sekali. Kami memberitahukan kepadanya untuk berhati-hati sebab dibelakang, seluruh kompetitior kami mencetak angka.”

“Kami membutuhkan hasil tersebut, bukan hanya posisi, jadi ada sedikit salah paham. Dibelakang kami, kompetitior kami, seluruh tim papan tengah, mencetak poin dan sangat penting untuk kami menjaga hasil bukan posisi.”

Ketika ditanya mengenai adanya persekongkolan diantara kedua tim, sekali lagi Sauber mengatakan dengan tegas bahwa tidak ada diskusi sebelumnya mengenai Perez, begitu pula dengan posisinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda