Scroll to Top

Barcelona Terkena 4 Kartu Merah dalam 8 Pertandingan Terakhir di Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 27 Mar 2012

Wabah kartu merah tengah melanda Barcelona. Awalnya, hingga pekan ke-21, pasukan Josep Guardiola sudah disterilisasi dari pengusiran wasit. Bahkan, mereka menyandang predikat sebagai penguasa sementara klub paling fair play di Liga Spanyol.

Dani Alves

Namun, apa boleh buat, sekali wabah kartu merah ini menjangkit, susah sekali memberikan vaksin untuk menghindarkan seluruh awak El Barca darinya. Empat pemain Barcelona tertular pengusiran wasit hanya dalam delapan pertandingan terakhir.

Kasus pertama cukup menyakitkan. Javier Mascherano menjadi pemain pertama klub Catalan yang menerima kartu merah. Bukan dalam sebuah pertandingan, tetapi di lorong menuju ruang ganti. Hal ini terjadi dalam laga Osasuna melawan Barcelona.

Dalam laga yang dimenangi Osasuna 3-2 itu, Mascherano panas dengan beberapa keputusan wasit; termasuk ketika menganulir gol Barcelona di menit-menit akhir. Mendebat sang pengadil lapangan di lorong, pemain Argentina diberi kartu kuning kedua oleh Paradas Romero; wasit yang juga mengusir Pepe atas tindakan serupa.

Kasus kedua datang pada pekan ke-25. Barcelona menghadapi Sporting Gijon di Camp Nou. El Barca sudah dirugikan sejak awal karena kehilangan Lionel Messi yang terkena akumulasi kartu kuning. Bermain tanpa sang mesiah, Barcelona sempat unggul 1-0.

Di menit 46, Gerard Pique didakwa melakukan pelanggaran terhadap Miguel de Las Cuevas. Karena posisi Pique yang menjadi pemain terakhir sebelum sang penyerang Sporting berhadapan dengan Victor Valdes, kartu merah langsung melayang dari saku wasit Velasco Carballo. Pada titik ini, kartu merah “aneh” mulai menghantui El Barca.

Kasus berikutnya terjadi pada pertandingan menghadapi Granada. Barcelona menang menang 5-3. Namun, yang mengesalkan tentu kartu merah yang diterima oleh Dani Alves. Bek sayap Brazil ini dituduh menyentuh bola dengan tangannya pada menit 88.

Karena sebelumnya sudah menerima kartu kuning, Alves diusir keluar laga oleh wasit Teixieira Vitienes. Dua gol yang didapatkan Granada dalam laga tersebut berasal dari dua penalti yang didapatkan dari dua insiden yang melibatkan Dani Alves.

Kasus terakhir yang membuktikan “wabah kartu merah” merambat ke pasukan Barcelona adalah saat El Barca menghadapi Real Mallorca. Kali ini lebih kontroversial lagi. Thiago Alcantara dituduh menyentuh bola dengan tangan oleh wasit Ayza Gamez di menit 53 meski dalam tayangan lambat, Thiago menggunakan bahunya. Ketika itu, El Barca tetap memenangkan pertandingan dengan skor 0-2.

4 kartu merah dari total 29 pertandingan. Empat kartu merah dalam delapan laga terakhir; dua pengusiran wasit dalam dua pertandingan terakhir.

Coba bandingkan dengan catatan Barcelona era Pep Guardiola. Musim lalu, El Barca cuma mengantongi 2 kartu merah. Musim 2009/2010, lima pengusiran wasit. Dan, musim 2008/2009, ada enam kartu merah. Jika dilihat dari sisa 9 pertandingan lagi di Liga Spanyol, peluang pasukan Pep Guardiola menerima kartu merah lagi masih ada. Jadi, jumlah kartu ini disebabkan oleh keputusan wasit yang kontroversial, ataukah penurunan kedisiplinan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda