Scroll to Top

Konsumen Mati, eBay Blok Penjualan Sorbitol Online

By Moch Ridwan / Published on Tuesday, 27 Mar 2012

Perusahaan lelang online terbesar eBay Senin kemarin secara resmi memblok penjuala sorbitol yang ada di situsnya. Produk pengganti gula itu ternyata membawa kematian terhadap salah satu pasien medis yang telah mengkonsumsi sorbitol yang dibelinya via internet.

Adalah Teresa Sunna, perempuan malang berasal dari kota Barletta yang ada di Italia Utara. Wanita berusia 28 tahun itu mengkonsumsi zat aditif tersebut sebagai bagian tes dari ‘Food Tolerance’ disebuah klinik. Dua perempuan lain yang juga mengkonsumsi sorbitol saat ini tengah menjalani masa penyembuhan di rumah sakit setempat.

Setelah kejadian ini pemerintah Italia melakukan investigasi dan sebagai tindak lanjutnya sekitar 1000 ton sorbitol telah disita dari toko lokal selama pekan ini. Bahkan Kementrian Kesehatan Italia merilis pernyataan yang menganjurkan bahwa penduduk Italia dilarang mengkonsumsi sorbitol yang telah mereka beli dari eBay.

Sementara itu eBay sendiri saat ini sudah menyampaikan pernyataan bahwa kejadian yang menimpa Sunna amat mengejutkan dan saat ini sedang bekerja sama dengan pihak berwajib untuk mengusut kasus ini.

Sorbitol adalah pemanis buatan sebagai pengganti gula yang biasa dipakai di kue, ice cream, dan makanan diet lainnya dan secara legal diperjual belikan secara online. eBay yang sebelumnya menjual sorbitol beserta zat aditif lainnya saat ini sudah memblok penjualan zat kimia ini hingga permasalahan kematian Sunna terungkap dengan jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda