Scroll to Top

Nvidia Ingin Intel Produksi Chipnya

By Ditya / Published on Tuesday, 27 Mar 2012

Nvidia Intel

Nvidia sedang memikirkan cara untuk mengatasi masalah produksi chip-nya yang agak terganggu dengan peluncuran kartu grafis baru berbasis arsitektur kepler.

Nvidia adalah produsen kartu grafis, chipset dan mobile prosesor terkemuka dengan produk kartu grafis GeForce dan prosesor Tegra.

Nvidia tidak memiliki pabrik untuk memproduksi chipnya, karena selama ini Nvidia bekerja sama dengan TSMC untuk memproduksi aneka chip rancangan Nvidia.

Nvidia yang saat ini mengalami kesulitan karena masalah kapasitas produksi akibat peluncuran produk GeForce seri 6. Nvidia memiliki ide untuk memecahkan masalah produksinya.

Nvidia menunjukan bahwa masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan menggunakan sumber daya dari manufaktur chip yang dianggap paling canggih, yaitu Intel.

“Mengapa tidak menjadi manufaktur chip untuk semua perusahaan mobile? Tidak ada yang memalukan dari hal itu”, kata Jen-Hsun Huang, CEO Nvidia.

Apakah keinginan Nvidia dapat diwujudkan Intel? Sulit dipercaya jika hal tersebut terjadi, karena Intel dan Nvidia sering terlibat perselisihan mulai dari lisensi pembuatan chipset hingga lisensi pembuatan chip x86.

“Kami memiliki bisinis manufaktur chip kecil dan masih baru, tetapi kami fokus di SOC (System on Chip) dengan basis platform Intel. Teknologi proses kami adalah keuntungan dan akan maju pada tahun 2012 dan 2013, sehingga, fokus kami untuk membangun produk Intel, bukan produk pesaing kami”, Kata Jon Carvill yang bergabung di Intel tahun lalu.

Pernyataan Jen-Hsun Huang memang sering menjadi kontroversi dan cenderung provokatif, namun ia sepenuhnya serius dengan pernyataan bahwa Intel harus memproduksi chip Nvidia.

Selama tahun ini dan 2013, intel akan bergantung pada kemampuan manufaktur untuk mendapatkan keuntungan lebih dari produsen ARM yang akan memasuki pasar notebook entry-level berbasis windows.

Seperti yang dikutip dati Tomshardware, dengan menuruti keinginan Nvidia untuk turut memproduksi chip Tegra 3 jelas bukan bagian dari tujuan Intel untuk meningkatkan pendapatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda