Scroll to Top

Bersaing dengan AMD, Intel Siapkan Atom Quad-Core

By Ditya / Published on Tuesday, 27 Mar 2012

Intel Atom

Setelah sebelumnya diberitakan bahwa Intel sedang menyiapkan Atom “Valley View” sebagai generasi penerus Intel Atom, kini muncul beberapa detail mengenai spesifikasi Atom baru tersebut.

Seperti yang dikatakan Sean Hollister dari The Verge, Intel Atom Valley View tersebut akan diproduksi dengan proses manufaktur 22nm dan tersedia pilihan hingga empat inti (quad-core).

Sebuah slide presentasi intel dikabarkan bocor dan mengungkapkan detail Atom baru. Atom baru tersebut akan dilengkapi grafis dari generasi Intel Ivy Bridge yang diklaim akan meningkatkan kinerja grafis hingga 4 kali lipat.

Berdasarkan informasi bocoran slide Intel, Atom Valley View telah mendukung penggunaan RAM hingga 8GB, dukungan USB 3.0, quad-core dan memungkinkan sistem bekerja tanpa kipas.

“Kami sebelumnya telah mendengar bahwa intel berencana untuk merilis chip 22nm pada tahun 2013 dengan arsitektur baru dengan kode nama Silvermont yang menggunakan transistor 3D”, Kata Sean hollister.

Rilis baru Atom yang disertai dengan peningkatan spesifikasi secara signifikan terutama di grafisnya ini dinilai masuk akal. Jika Intel ingin tetap bersaing dengan jajaran AMD Fusion dari segi grafis maupun performa.

“Netbook yang berkembang mengikuti ekosistem perkembangan teknologi, kami melihat banyak perusahaan mulai meninggalkan Atom dan lebih memilih chip yang lebih cepat seperti Pentium atau Celeron”, kata Nicole Scott dari Notebook News.

Saat ini Intel mengandalkan Cedar Trail dengan kemampuan grafis yang mampu mendukung pemutaran video HD terlihat masih kalah bersaing jika harus melawan AMD E350 atau E450 yang mulai merajai segmen Netbook.

Seperti yang dikutip dari TGdaily, masih belum jelas mengenai detail peluncuran Atom quad-core Valley View ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda