Scroll to Top

Robot Berkulit Mirip Manusia

By angelberta / Published on Wednesday, 06 Jul 2011

showa hanakoPada umumnya, robot yang kita ketahui kebanyakan terbuat dari bahan-bahan tambang.

Namun kali ini Jepang meluncurkan robot yang dibuat begitu realistis, dengan kulitnya yang sangat mirip manusia.

Robot ajaib ini bernama Showa Hanako 2, yang diresmikan pada konferensi pers di Jepang, hari kamis 30 Juni 2011 lalu, dan akan dijual melalui perusahaan pemasok peralatan kedokteran gigi di Jepang.

Menurut konferensi pers tersebut dinyatakan bahwa Showa Hanako 2 adalah robot medis yang sangat menakjubkan. Ternyata ia mampu bersin, menggelengkan kepala, batuk, tersedak, berkedip dan tersentak.

Mirip seperti manusia/pasien sesungguhnya saat mengalami sakit dan diperiksa oleh dokter. Dengan teknologi pengenalan suara dokter gigi, peserta pelatihan/para mahasiswa dapat melakukan percakapan sederhana dengan robot, Showa Hanako 2.

Robot jenis ini pertama kali dikembangkan oleh tim roboticist Showa University di Jepang 10 tahun yang lalu.

Ini merupakan model komersial pertama kali yang tidak hanya sekedar memiliki gerakan seperti manusia, namun juga kulitnya yang mirip sekali dengan kulit manusia.

Showa Hanako 2 dirancang untuk membantu mahasiswa dalam melaksanakan praktek kedokteran gigi, sehingga para peneliti di Showa University membuat robot ini serealistis mungkin.

Para perancang robot bekerjasama dengan dengan perusahaan yang membuat boneka “Japan’s top sex doll” (seperti pada film Sex Is Zero) yaitu Orient Industri. Kulit, lidah serta mulut terbuat dari silikon, sehingga visualisasinya lebih nyata. Tidak ada lapisan karet yang jelas.

Dalam pelaksanaan prakteknya, para mahasiswa mengatakan bahwa mereka benar-benar merasakan sedang bekerja pada pasien yang sesungguhnya. Mereka mendapatkan ketegangan ekstra yang datang dengan tanggung jawab itu.

[youtube WhzbFaNueKU]

 

 

One thought on “Robot Berkulit Mirip Manusia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda