Scroll to Top

Konon Coklat Bisa Kuruskan Badan Lho!

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 27 Mar 2012

makan coklat

Coklat ternyata tidak membuat gemuk. Studi yang dimuat jurnal Archives of Internal Medicine mengatakan, sedikit coklat yang dikonsumsi rutin selama seminggu bisa membuat kurus dibanding orang yang jarang makan coklat. Meski kaya dengan kalori, peneliti meyakini ada suatu zat di dalam coklat yang bisa membantu menguruskan seseorang yang memakannya.

Beatrice Golomb, dari Universitas California di San Diego, mengatakan, zat antioksidan yang ada dalam coklat menjadi pemicu kurusnya badan. Catechins, salah satu antioksidan coklat, diduga mampu menaikkan massa otot sekaligus mengurangi berat tubuh. Pada percobaan tikus yang diberikan epicatechin, zat yang ada di coklat hitam, menunjukkan terjadinya kenaikan oleh gerak dan komposisi otot berubah.

” Temuan kami ini nampaknya akan menambah kerangka informasi yang menyebutkan bahwa komposisi kalori, bukan hanya jumlahnya, sebagai sumber untuk menentukan pengaruh bagi berat badan,” kata Golomb, dikutip BBC.

Coklat dikenal punya banyak khasiat. Di antaranya menguatkan jantung, menormalkan tekanan darah, meingkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan kadar kolesterol. Tapi perlu diingat, kebanyakan coklat di pasaran kerap ditambahkan dengan gula dan lemak. Akhirnya, jika mengonsumsinya berlebih justru menjadikan tubuh tidak sehat. Jenis coklat hitam salah satunya yang direkomendasikan karena masih punya kandungan coklat lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda