Scroll to Top

APOEL vs Real Madrid 0-3: Pertunjukan Ricardo Kaka

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 28 Mar 2012

Dengan status pemain termahal kedua di Real Madrid, Ricardo Kaka dinilai fans tidak memberi kontribusi selayaknya Cristiano Ronaldo. Cedera dan kurangnya jumlah waktu bermain sempat membuat Santiago Bernabeu masih belum “mengenalnya”. Bahkan, meski di bawah Jose Mourinho Kaka mulai menunjukkan kemampuan yang membuat Real Madrid merebutnya dari AC Milan, masih ada fans yang berpandangan miring tentang playmaker Brazil.

APOEL vs Real Madrid 0-3

Namun, hari ini pandangan miring itu layak dibuang jauh-jauh. Datang sebagai pemain pengganti di menit 64, Kaka menjadi pahlawan penting ketika Real Madrid menghancurkan tuan rumah APOEL 0-3.

Los Blancos datang ke Siprus tanpa Xabi Alonso yang terkena akumulasi kartu kuning dan Lassana Diarra yang cedera. Sebagai gantinya, Nuri Sahin yang lebih sering duduk di bangku cadangan, dipasang. Sementara, demi mempercepat gol, Real Madrid kembali memakai jasa duo penyerang di lini depan sekaligus: Karim Benzema dan Gonzalo Higuain.

Sesuai prediksi, APOEL lebih suka mengetatkan lini pertahanan; hal yang mampu membuat mereka bertahan di Liga Champions sejauh ini. Namun, rencana Ivan Jovanovic untuk mengamankan poin di kandang sendiri, rusak oleh cederanya Marcelo Oliviera sang bek tengah di menit 13.

Dengan tuan rumah yang defensif, Real Madrid leluasa mengendalikan permainan. Hingga babak pertama berakhir, Los Blancos menguasai ball possessions hingga lebih dari 70%. Namun, gol tak juga datang. Sementara Cristiano Ronaldo menemui malam yang mengesalkannya karena beberapa peluang gagal, Jose Mourinho menggunakan strategi lain.

Menit 64. Ditariknya Fabio Coentrao untuk memasukkan Marcelo. Gonzalo Higuain pun dicopot demi Ricardo Kaka. Kembali menggunakan formasi 4-2-3-1 murni, akhirnya Real Madrid mendapatkan buah kerja keras mereka 16 menit menjelang bubaran.

Menggiring bola di sisi kanan APOEL, Kaka melepaskan umpan akurat ke tengah kotak penalti. Karim Benzema menyongsong bola dengan tandukan setengah terbang. Dionisios Chiotis dibuat tak berkutik.

Gol pemecah kebuntuan itu langsung disusul gol lain delapan menit kemudian. Marcelo yang menerobos sisi kanan APOEL, sukses mengirimkan umpan ke tengah kotak penalti meski terjatuh oleh hadangan bek lawan. Kaka dengan dingin menuntaskan kerja keras sesama pemain pengganti.

Real Madrid 3

Real Madrid akhirnya menutup pesta mereka dini hari tadi dengan gol tak kalah berkelas. Cristiano Ronaldo mengirimkan umpan ke sektor kiri pertahanan lawan. Mesut Ozil yang masuk ke kotak penalti, melepaskan umpan dengan punggung kakinya. Bola melintir yang tak terkejar bek APOEL dihunjamkan telak oleh Karim Benzema di menit 90.

Skor akhir 0-3 membuat Madrid meraih kemenangan ke-200 mereka di Eropa; sekaligus membuat mereka begitu santai di leg kedua nanti. Sementara, harapan APOEL untuk menjadi klub Siprus pertama yang lolos ke semifinal, hampir pasti tamat.

APOEL Real Madrid
0(0) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 28(8)
13 Pelanggaran 11
1 Tendangan Sudut 4
3 Offsides 2
23% Ball Possession 77%
0 Kartu Kuning 0
0 Kartu Merah 0
5 Penyelamatan 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda