Scroll to Top

CATRA, Aplikasi iPhone Untuk Mendeteksi Katarak

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 06 Jul 2011

Ada cara unik dalam dunia pengobatan muncul dengan iPhone sebagai alatnya, penasaran apa yang dimaksud?

Dikutip dari CultOfMac, tim riset dari Massachusets Institute of Technology atau dikenal MIT baru-baru ini melakukan pengembangan alat yang disebut Catra dengan menggunakan lensa plastik murah yang mudah didapat lalu ditempelkan ke layar iPhone. Dengan melakukan tes penglihatan sederhana, aplikasi Catra ini memetakan area kelabu yang mengindikasikan awal katarak.

Aplikasi Catra ini mendiagnosis dengan cepat, sekitar semenit dan dapat dilakukan siapa saja. Aplikasi ini juga bekerja dengan iPod Touch dan smartphone lainnya.

Dengan digunakan iPhone sebagai perangkat, memudahkan pengguna untuk mendeteksi katarak, penyebab kebutaan utama di seluruh dunia, selain itu alat ini juga mudah dibawa kemana saja. Anda dapat lihat di halaman proyeknya langsung di situs MIT untuk informasi lebih jauh.

Dibawah ini adalah video tentang penjelasan cara kerjanya. Catra akan dipamerkan di Siggraph, sebuah Pameran dan Konferensi Komputer Grafis dan Teknik Interaktif yang diadakan di Vancouver Kanada bulan depan.

[youtube V2BXSWuQO0M]

 

 

 

Tagged as:

2 thoughts on “CATRA, Aplikasi iPhone Untuk Mendeteksi Katarak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda