Scroll to Top

Jose Mourinho Kemenangan Ke-50 di Liga Champions

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 28 Mar 2012

Keberhasilan Real Madrid membekap APOEL 0-3 dini hari tadi membuat mereka meraih kemenangan ke-200 di Liga Eropa. Di samping itu, kemenangan ini juga membuat Jose Mourinho memperoleh pencapaian unik: meraih kemenangan ke-50 di Liga Champions dalam 92 pertandingan.

Jose Mourinho

Jose Mourinho memang terlahir sebagai manajer petualang. Kariernya di Liga Champions dimulai pada musim 2003/2004 ketika masih menjadi manajer klub domestik, FC Porto. Meskipun klub Portugal adalah juara Piala UEFA musim sebelumnya, tidak ada yang menjagokan Porto akan berbicara banyak di Liga Champions.

Namun, The Special One membuka mata dunia. Dibawanya Porto meraih gelar kedua dalam sejarah klub dengan 7 kemenangan, 5 hasil imbang, dan sekali kekalahan.

Di partai final, Porto mengguncang sesama tim kejutan AS Monaco (Perancis) dengan skor telak 3-0. Satu-satunya kekalahan Porto saat itu diderita oleh Real Madrid 1-3 pada 17 September 2003.

Musim berikutnya, Jose Mourinho melabuhkan sauh ke Chelsea, klub Inggris yang sudah setahun dikuasai Roman Abramovich. Diandalkan untuk mengantar Chelsea mengangkat trofi, Mou tak bisa berbuat banyak.

Pencapaian terbaik Chelsea di masanya adalah semifinal Liga Champions. Bahkan, di awal musim 2007/2008, atau awal musim keempatnya di Stamford Bridge, Mou harus pecah kongsi dengan Abramovich.

Musim 2008/2009, Mou datang ke Inter Milan. Kemenangan pertama Mourinho di Liga Champons bersama klub Italia ini terjadi di laga pertama. Ketika itu, Inter menghadapi tuan rumah Panathinaikos. Gol-gol Mancini dan Adriano sukses membuat Nerazzuri mencukur klub Yunani 0-2. Sayang, Inter langsung keluar di babak 16 besar oleh Manchester United.

Musim berikutnya, Mou mendapatkan pencapaian yang lebih baik. Dibawanya Inter menjuarai Liga Champions setelah membekap Bayern Muenchen di final. Namun, keberhasilan meraih trofi Eropa membuat Mou beralih ke klub baru, Real Madrid.

Bersama Los Blancos, catatan yang dibuat Jose Mourinho di Liga Champions cukup spektakuler. Musim pertama dilalui dengan 8 kemenangan, 2 kali seri dan cuma satu kekalahan. Barcelona menjadi satu-satunya tim yang mampu menumpas perlawanan Real Madrid ketika menang 0-2 di Santiago Bernabeu.

Musim ini, 9 pertandingan berlalu, 8 di antaranya dilalui dengan kemenangan. Satu-satunya hasil seri didapatkan saat CSKA Moskwa menahan Real Madrid 1-1 di Moskwa. 27 gol sudah dibukukan Real Madrid sepanjang musim ini di Liga Champions.

Namun, yang paling memukau tentu rata-rata kemenangan Real Madrid di Liga Champions dalam dua musim terakhir (sejak Mou hadir) yang mencapai 76,19%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda