Scroll to Top

10 Peman Athletic Bilbao Sudah Bermain Lebih dari 3000 Menit

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 28 Mar 2012

Athletic Bilbao tengah guncang. Setelah menekuk Manchester United 2-1 pada 16 besar Europea League, mereka seperti hilang kendali. Tiga laga berturut-turut, pasukan Marcelo Bielsa gagal menang.

Athletic Bilbao vs Manchester United 2-1

Pertama, mereka dipermalukan 0-3 oleh Valencia di San Mames. Laga berikutnya, menghadapi klub kuat Atletico Madrid di Vicente Calderon, lagi-lagi Bilbao dihajar 2-1. Terakhir, akhir pekan lalu. Bilbao menjamu Sporting Gijon. Kemenangan gagal didapatkan setelah gawang Bilbao terbobol di menit 90.

Ada masalah apa bagi Bilbao? Apakah mereka tengah berkonsentrasi untuk mendapatkan gelar Europa League? Atau mereka memang tidak berniat untuk tampil di Liga Champions musim depan?

Jika dilihat dari segi jumlah menit bermain, barangkali masalah utama klub ini adalah kebugaran fisik. Para ahli berpendapat bahwa seorang pesepakbola akan menurun produktivitasnya ketika sudah bermain lebih dari 3000 menit dalam semusim. Hal inilah yang bisa dicegah di Real Madrid dan Barcelona, namun tidak di Athletic Bilbao.

Di Real Madrid, cuma ada 6 pemain yang bermain di atas 3000 menit. Dengan kualitas pemain inti dan cadangan yang tidak terlalu jomplang, mudah saja bagi Jose Mourinho untuk melakukan rotasi demi menjaga kebugaran tim dan mood para pemain.

Namun, di Athletic Bilbao tidak demikian. Marcelo Bielsa seakan memiliki 10 pemain yang “tak tersentuh” bangku cadangan. Mulai dari kiper Gorka Iraizoz hingga penyerang utama Fernando Llorente, sudah bermain lebih dari 3000 menit.

Daftar Pemain Athletic Bilbao dan Jumlah Menit Bermain

Gorka Iraizoz 4.230 menit
Iker Muniain 3.839 menit
Andoni Iraola 3.735 menit
Markel Susaeta 3.708 menit
Oscar de Marcos 3.692 menit
Javi Martinez 3.691 menit
Ander Iturraspe 3.586 menit
Jon Aurtenetxe 3.430 menit
Fernando Amorebieta 3.241 menit
Fernando Llorente 3.006 menit
—————————————-
Ander Herrera 2.862 menit
—————————————-
Gaizka Toquero 2.095 menit
Mikel San José 1.787 menit
—————————————-
Iñígo Pérez 963 menit
Borja Ekiza 847 menit

Gorka Iraizoz adalah yang terbanyak berlaga. Sang kiper selalu tampil di semua pertandingan Bilbao musim ini. Total, Iraizoz sudah tampil selama 4230 menit; 300 menit lebih banyak daripada kiper Real Madrid, Iker Casillas.

Di bawah Iraizoz, ada si anak ajaib Iker Muniain. Penyerang sayap ini sudah bermain selama 3839 menit, lebih banyak 600 menit daripada Mesut Ozil.

Yang paling jomplang dari pembagian waktu bermain para pemain Athletic Bilbao. Para pemain cadangan tidak mendapatkan kesempatan penuh untuk memberikan penyegaran skuad. Memang ada dua pemain, Gaizka Toquero dan Mikel San Jose yang sudah dipakai lebih dari 1500 menit. Namun, selebihnya, pasukan Bilbao cuma mentok di angka di bawah 1000 menit.

Satu yang harus dicoba Marcelo Bielsa adalah merotasi pemain. Namun, kapankah ia berani melakukan hal tersebut? Pertandingan berikutnya menghadapi Schalke 04 di Europa League Jumat ini sudah menanti. Mencoba formula baru dalam pertandingan penting jelas mengancam tim. Sementara, memaksakan pemain utama tak beristirahat juga bisa menjadi senjata makan tuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda