Scroll to Top

Gigi Sehat Cegah Bakteri Serang Jantung

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 28 Mar 2012

gosok gigi

Sikat gigi dengan benar itu penting. Pasalnya, begitu terjadi masalah pada rongga mulut – seperti gusi berdarah – memudahkan bakteri untuk masuk ke dalam peredaran darah dan menimbulkan masalah pada kesehatan. Apalagi, peredaran di mulut cukup dekat dengan jantung.

Dengan begitu, masalah kesehatan mulut juga punya pengaruh terhadap masalah jantung. Sebagian ahli juga berpendapat, pada sebuah studi di tahun 2010, ada kemungkinan terjadi peningkatan risiko serangan stroke. Menyikat gigi dengan rutin sangat dianjurkan bagi setiap orang.

“Temuan berkontribusi terhadap pemahaman kita tentang hubungan antara penyakit gusi dan penyakit jantung. Hal ini juga menggarisbawahi pentingnya menyikat gigi dua kali sehari,” ujar Profesor Damien Walmsley, dari British Dental Association.

Masuknya bakteri ke pembuluh darah berlangsung begitu cepat. Saat gusi seseorang berdarah, bakteri Streptokokus Gordonii akan masuk ke pembuluh darah dan mampu membuat gumpalan pada darah. Bakteri bersembunyi dalam gumpalan itu.

Makin berbahaya saat gumpalan terjadi di katup jantung. Jika ini terjadi, maka dapat menyebabkan infeksi endokarditis yang menyebabkan kerusakan fatal di jantung. Masalahnya, bakteri tidak mampu disentuh antibiotik dan sistem kekebalan tubuh kala berada dalam gumpalan.

Sementara itu, dikutip dari Daily Mail, ilmuwan dari Bristol University dan Royal College of Surgeons di Dublin memandang perlu adanya pengembangan obat baru untuk mencegah pembekuan darah dan mengatasi infeksi endokarditis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda