Scroll to Top

Fabrice Muamba Diragukan Bisa Kembali Bermain Sepakbola

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 28 Mar 2012

Gelandang Bolton Wanderers, Fabrice Muamba, diragukan bisa kembali bermain sepakbola setelah ia mengalami serangan jantung di lapangan saat bermain.

Pray 4 Muamba

Pernyataan itu dikemukakan oleh Peter Weissberg, salah satu petinggi British Heart Foundation. Faktor utamanya menurut Weissberg adalah karena jantung Muamba yang tiba-tiba berhenti berdetak. Dan itu adalah hal yang sangat langka terjadi.

Dalam pertandingan antara Tottenham Hotspur melawan Bolton tersebut, Muamba tiba-tiba saja kolaps di menit 41. Tak ada pemain yang berada di dekatnya saat ia kolaps.

“Sulit untuk mengatakannya. Tapi Fabrice disarankan untuk tidak kembali bermain sepakbola. Karena kondisi tersebut didasari oleh beratnya aktivitas fisik yang ia lakukan dan kemungkinan bahwa ia memiliki penyakit jantung turunan,” ujar Weissberg.

“Saya menyarankan padanya untuk tidak kembali bermain, sekalipun ia nanti telah melewati masa pemulihan yang panjang.”

Pada saat itu, kondisi Muamba memang sangat mengkhawatirkan. Dokter tim Bolton, Jonathan Tobin, mengatakan bahwa Muamba sempat meninggal selama hampir 80 menit kala itu, dan baru siuman setelah menjalani perawatan selama kurang lebih 44 jam di The London Chest Hospital.

Well, Muamba sepertinya harus bersyukur masih bisa melanjutkan hidupnya. Karena banyak pebola lain yang juga mengalami peristiwa seperti Muamba pada akhirnya harus meregang nyawa.

Bukankah hidup lebih penting dari sepakbola?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda