Scroll to Top

Komentar Sebastian Vettel Menuai Banyak Kecaman

By Rheza Fadhlillah / Published on Wednesday, 28 Mar 2012

Sebastian Vettel menuai banyak kecaman

Mulut mu harimau mu adalah suatu pepatah yang kali ini lebih tepat dialamatkan kepada juara bertahan Formula Satu dari tim Red Bull, Sebastian Vettel.

Gara-gara komentar pedas yang ia tujukan kepada pembalap dari Tim HRT, Narain Karthikeyan, Vettel harus menuai banyak kecaman dari berbagai pihak termasuk rekannya sesama pembalap. Tidak hanya itu, Vettel juga terancam dijatuhkan sanksi oleh FIA.

Dalam sebuah wawancara yang ia lakukan dengan wartawan BBC usai menjalani seri kedua F1 2012 di Sirkuit Sepang Malaysia, Vettel tanpa sungkan menjuluki Karthikeyan dengan sebutan ‘ketimun’. Media Inggris bahkan mendapati Vettel mengucapkan kata ‘idiot’ pada kesempatan yang sama.

Vettel juga tertangkap sedang mengacungkan jari tengahnya kepada Karthikeyan beberapa saat setelah insiden senggolan antara dirinya dengan pembalap asal India tersebut terjadi. Karthikeyan melalui surat kabar Deccan Chronicle menilai Vettel sebagai pembalap yang tidak profesional.

 

http://www.youtube.com/watch?v=99T-o6D9bVw

 

“Jelas tidak profesional menyalahkan saya atas insiden itu”, kata Karthikeyan. “Hanya karena ia memiliki mobil yang bagus, ia tidak bisa menyebut orang lain idiot. “

Menurut mantan pembalap F1, Marc Surer, Vettel telah melanggar kode etik olahraga. “Anda menandatangani itu ketika mendapatkan lisensi dan kemudian anda harus berlaku sejalan”, jelas Surer. “Segala perilaku yang melukai orang lain adalah pelanggaran.”

Surer menjelaskan bahwa segala tidakan yang berupa sanksi bisa saja jatuh kepada Vettel. Dimulai dari peringatan sampai pencabutan lisensi. Akan tetapi pada kasus ini, ia menilai perbuatan Vettel masih bisa di toleransi dan kemungkinan hanya hukuman ringan.

Kecaman juga datang dari duo Force India, Nico Hulkenberg dan Paul di Resta. Hulkenberg merasa bahwa insiden tersebut bukan lah kesalahan Karthikeyan. Hal tersebut diamini oleh di Resta yang mengatakan bahwa Karthikeyan memiliki hak untuk berbuat sesuatu sama seperti yang dilakukan Vettel.

Hal yang sama juga keluar dari komentar mantan pembalap Red Bull, David Coulthard yang menyebut Karthikeyan tidak akan bisa membuat mobilnya menghilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda