Scroll to Top

Casey Stoner: Sulit Kendalikan Mesin 1000cc di Trek Pendek dan Sempit

By Rheza Fadhlillah / Published on Thursday, 29 Mar 2012

casey-stoner-jerez-final-pre-season-test

Casey Stoner mengkritik mesin baru 1000cc yang tertanam pada motor RC213V miliknya tidak cocok digunakan pada tipe sirkuit pendek dan sempit seperti Jerez dan Sachsenring.

Stoner mengaku kesulitan mengeluarkan tenaga penuh kendaraan yang ia miliki disebabkan oleh jarak antar tikungan yang terlalu pendek. Ia berpendapat bahwa motor 1000cc  akan lebih menyenangkan apabila dikendarai pada sirkuit yang lebih terbuka.

Dikutip dari MCN, Stoner berkata, “Trek ini (Jerez) terlalu kecil, apalagi untuk motor-motor sebesar ini. Anda tidak memerlukan gigi enam. Bahkan di Laguna Seca saya rasa kami mungkin bisa mendapatkan top speed yang lebih tinggi.”

“Di sini, tidak ada tempat dimana kamu bisa benar-benar menggunakan tenaga dari motor-motor ini dengan baik. Secara konstan anda mencoba untuk berhenti melakukan wheelies. Ketika kami memasuki trek yang lebih luas, ini akan menjadi lebih menyenangkan bagiku.”

Pendapat Stoner didukung oleh Carl Cruthlow dari tim Tech 3 Yamaha yang menganggap bahwa mengendarai motor bermesin 1000cc di Jerez membuat sirkuit tersebut terasa seperti sirkuit go-kart.

“Anda akan kesulitan mencapai 100% throttle di Jerez sekarang diatas mesin 1000 dan motor mudah sekali wheelie”, terang Carl. “Datang dari trek yang cepat dan panjang seperti Sepang yang lebih lambat 20 detik dari Jerez, membuat sirkuit ini serasa seperti trek go-kart.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda