Scroll to Top

Google akan Meluncurkan GDrive

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 29 Mar 2012

GoogleGoogle dirumorkan segera meluncurkan Gdrive, sebuah layanan penyimpanan daring yang mampu ‘menimbun’ berkas dengan skala besar pada bulan April nanti.

Nantinya, layanan teranyar Google tersebut diprediksi akan menjadi kompetitor kuat media penyimpanan daring sejenis.

Sebut saja Dropbox yang konon kini telah bernilai USD 4 miliar.

Seorang blogger Om Malik menerima sumber dari orang terdekat perusahaan, jika GDrive akan meluncur pada minggu pertama di bulan April.

Google sendiri menolak berkomentar atas isu ini. Namun senter terdengar jika Google memang berniat untuk membuat sebuah layanan penyimpanan daring.

Media penyimpanan daring Google yang paling mumpuni saat ini mungkin hanya Google Doc. Ruang yang diberikan Google hingga 1G. namun itu hanya untuk dokumen.

GDrive sendiri sejatinya telah sempat dibidik Google di masa lalu. Namun raksasa internet ini kemudian hanya melakukan aksi diam.

Dengan GDrive, tak hanya dokumen yang bakal disimpan di pusat data Google, berkas lain dimungkinkan pula. Sebut saja video atau musik.

Dropbox sendiri saat ini menjadi layanan yang cukup populer bagi pengguna internet. Dengan Dropbox kita seakan membawa sebuah hardisk kemanapun kita pergi.

Dengan teknologi cloud pengguna dapat mengakses berkas mereka dimana saja dan kapan saja asalkan terhubung dengan internet.

Apple juga memiliki layanan serupa. Mereka menyebutnya dengan iCloud. Buku, musik, film, dan aplikasi online bisa diimpan dan gratis untuk pengguna mobile di iOS 5.

Microsoft tak ketinggalan. Mereka memiliki Office365. Namun sayang layanan ini berbayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda