Scroll to Top

Ditemukan Bulan Mini di Orbit Bumi

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 29 Mar 2012

Bumi memiliki sebuah satelit, yakni bulan. Dan bulan telah mengorbit setia menemani bumi selama empat miliar tahun lebih.

Baru-baru ini ilmuwan menemukan sebuah objek selain bulan yang salama ini ternyata setia mendampingi bumi.

Mereka menyebutnya dengan nama minimoons atau bulan mini. Bulan mini tersebut hanya di seberang orbit bumi.

Bulan Mini_1

Grafik: Bulan mini hanya mengorbit bumi kurang lebih setahun kemudian melanjutkan petualangan luar angkasa sebagai asteroid.

Dan hanya memiliki satu tahun orbit sebelum melanjutkan perjalanannya sebagai asteroid. Para ilmuwan berharap suatu hari dapat ‘menangkap’ objek berharga ini.

Bulan telah mengorbit bumi tidak kurang selama empat miliar tahun. Bulan memiliki diameter 2.000 mil dan memberikan sumbangsih besar tah hanya bagi bumi, bulan sangat ‘dicintai’ oleh penyair.

Sebuah tim dari Universitas Hawai di Manoa, Amerika Serikat, menghitung probabilitas bahwa pada suatu waktu tertentu bumi memiliki lebih dari satu satelit.

Mereka menggunakan super komputer untuk mensimulasikan perjalanan 10 juta asteroid yang melintas di bumi.

Bulan Mini_2

Ilustrasi: Bulan mini atau beberapa asteroid yang diteliti, tidak memiliki jalur orbit yang ‘sempurna’. Orbit mereka rumit dan memutar.

Mereka menyimpulkan jika pada waktu tertentu setidaknya ada satu asteroid yang mengorbit bumi berdiameter minimal satu meter.

Menurut simulasi, hampir keseluruhan asteroid yang tertangkap oleh gravitasi bumi tidak mengorbit dengan jalur yang beraturan. Sebaliknya mereka mengorbit dengan jalur rumit dan memutar.

Hal ini dikarenakan sebab bulan mini tidak didominasi oleh daya tarik gravitasi bumi. Ada tiga gaya gravitasi yang berperan besar: bumi, bulan, dan matahari.

Dan bulan mini tersebut akan mengorbit bumi selama kurang lebih sembilan bulan, dan beberapa asteroid lainnya mampu hingga beberapa dekade.

Ketika massa mengorbit bumi selesai, bulan mini kemudian melanjutkan petualangan angkasa untuk mengorbit matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda