Scroll to Top

Media Sosial Kalah Populer Dibandingkan Email

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 29 Mar 2012

Email vs Media SosialMedia sosial akhir-akhir ini memang mendapat perhatian khusus dari pengguna internet.

Facebook dan Twitter, dua  tombak media sosial yang massive digunakan dalam aktivitas dunia maya.

Kini media sosial lebih condong sebagai media komunikasi.

Menghubungkan satu individu dengan individu lainnya yang hidup di internet.

Jika kita berbicara soal komunikasi di internet, ada satu media yang sejak dulu hingga sekarang masih tetap eksis dan kerap digunakan. Media tersebut adalah email.

Sebanyak 19.216 responden orang dewasa di 24 negara, di survei oleh firma swasta yang bernama Ipsos. Survei ini ingin mengetahui bagaimana tanggapan pengguna internet terkait dengan email dan media sosial.

Hasilnya cukup mengherankan. Sebanyak 85% dari mereka menggunakan internet untuk mengakses email, dan 63% menggunakan internet untuk bermedia sosial.

Di Hungaria 94% pengguna internet online untuk mengakses email. Sedangkan di Arab Saudi hanya 46% saja. Indonesia sebanyak 83% pengguna internet tanah air menggunakan internet untuk bermedia sosial.

Media sosial juga mengalami prosentase tinggi di Argentina (76%), Russia (75%), dan Afrika Selatan (73%). Namun di Jepang dan Arab Saudi memiliki prosentase yang sangat rendah.

“Jika kita fikirkan kembali, internet pertama kali digunakan untuk mengirim surat online. Kita berkirim surat secara digital dan tidak dalam amplop berupa kertas. Dan tren ini terus berlangsung hingga sekarang,” ujar Keren Gottfried, manajer penelitian Ipsos.

Ia melanjutkan, jika untuk sekarang kenyataan telah berubah. Pola pikir pengguna internet telah bergeser, seiiring dengan banyaknya fitur yang ditawarkan internet.

“Faktanya mayoritas mereka menggunakan internet untuk berjejaring sosial. Paradigma ini sangat berbeda dengan email. Tidak ada ekuivalennya. Email adalah surat digital atau surat offline yang di-online-kan. Tanpa berinternet (jejaring sosial) kita tetap bisa berhubungan dengan sesama,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda