Scroll to Top

Schalke vs Athletic Bilbao 2-4: Tim Spesialis Turnamen

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 30 Mar 2012

Athletic Bilbao datang ke Veltins Arena, kandang Schalke 04, dengan harapan miris. Klub asuhan Marcelo Bielsa tak pernah menang dalam tiga pertandingan terakhir. Namun, justru di laga tandang Europa League, Bilbao mampu bangkit. Tidak hanya dengan cara biasa. Fernando Llorente dkk. sempat tertinggal 2-1 hingga 17 menit terakhir.

Schalke v Athletic Bilbao 2-4

Tidak ada yang berubah dalam susunan skuad Bilbao. Skuad yang diturunkan adalah mereka yang sudah melalui lebih dari 3000 menit sepanjang musim ini. Sementara itu, Schalke mengandalkan duet tua-muda, Raul Gonzalez dan Klaas -Jan Huntelaar.

Tim tamu sempat mengejutkan pendukung tuan rumah di menit 21. Oscar De Marcos yang menyisir sisi kiri pertahanan lawan mengirim umpan datar ke tengah kotak penalti. Markel Susaeta melepaskan tembakan lemah yang gagal ditangkap dengan sempurna. Fernando Llorente menyambut bola muntah. Tendangan pertamanya bisa dihalau Hildebrand yang sudah jatuh. Namun, tidak dengan tembakan keduanya yang menghukum blunder sang eks penjaga gawang Valencia.

Schalke 04 tidak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Atsuto Uchida mengirimkan lemparan ke dalam kepada Jefferson Farfan. Sang pemain nomor 17 menyodorkan bola daerah. Uchida menyongsong sodoran tadi dengan jitu. Dilepaskannya umpan datar ke kotak penalti lawan. Raul Gonzalez langsung menyambar bola untuk menaklukkan Gorka Iraizoz di menit 22.

Babak pertama berakhir dengan skor imbang 1-1. Tidak ada yang menyangka dalam sisa pertandingan, panen gol terjadi.

Schalke 04 sempat membalikkan keadaan di menit 59. Lagi-lagi melalui aksi Pangeran Bernabeu, Raul Gonzalez. Raul memaksa Gorka Iraizoz tumbang dengan tembakan voli spektakulernya.

Unggul 2-1 hingga 17 menit terakhir, Veltins Arena tidak menyangka Bilbao menyimpan peluru gol yang menewaskan tuan rumah. Menit 73, sundulan Llorente memanfaatkan tendangan pojok sukses mengoyak gawang Mathias Schober, kiper pengganti Schalke.

Seolah tak puas dengan hasil seri, Bilbao kembali menciptakan sensasi. Lewat serangan balik yang begitu cepat, Iker Muniain masuk ke kotak penalti. Dilepaskannya bola ke tengah kotak penalti. Schober berhasil menepisnya; namun bola justru jatuh di kaki Oscar de Marcos yang tanpa ampun mencetak gol di menit 81.

Berbalik unggul, Bilbao akhirnya memastikan kemenangan lewat Iker Muniain. Gol ini bermula dari blunder pemain Schalke di tengah lapangan. Inigo Perez sang pemain pengganti Bilbao menyerobot bola dan menusuk ke kotak penalti. Ketika semua perhatian ditujukan kepadanya, Perez justru mengirim bola ke belakang. Iker Muniain, dewa kecil yang diramal akan menjadi salah satu pemain terbaik dunia pada tahun-tahun mendatang, menembakkan bola ke sudut atas gawang sekaligus memastikan kemenangan timnya 2-4.

http://www.youtube.com/watch?v=zOVC360PZGs&feature=related

Kemenangan ini menjadi modal penting bagi Bilbao. Setidaknya, dengan tersendatnya mereka di papan tengah Liga Spanyol, pasukan Marcelo Bielsa masih berpotensi mendapatkan dua gelar: Europa League dan Copa del Rey.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda