Scroll to Top

Google Rilis Chrome 18

By Ditya / Published on Friday, 30 Mar 2012

Chrome-Logo

Google baru saja memperbarui browser Chrome stabil ke versi 18. Perbaikan paling signifikan dari versi baru ini adalah dukungan akselerasi hardware di Canvas2D dan WebGL.

Browser besutan Google ini memang menarik perhatian banyak pengguna internet sejak awal kemunculannya.

Google Chrome terakhir dikabarkan telah mengalahkan pangsa pasar raja browser, Internet Explorer, meski masih diperdebatkan.

John Bauman dan Brian Salomon telah menulis di blog Chromium mengenai berbagai perbaikan pada rilis terbaru.

“Kami telah mengaktifkan akselerasi GPU (Graphics Processing unit) untuk Canvas2D di komputer berbasis Windows dan Mac. Hal ini akan membuat aplikasi web seperti game tampil lebih baik,” kata John melalui blog Chromium.

Akselerasi GPU ini memungkinkan prosesor grafis untuk membantu kerja CPU (Central Processing Unit) di lingkungan Canvas2D. Fitur ini mulai diaktifkan sejak rilis Chrome Beta beberapa waktu lalu.

Seperti yang dikutip dari Tomshardware, Chrome versi 18 ini juga telah mendukung akselerasi WebGL. WebGL memungkinkan web menampilkan konten 3D yang menarik dengan bantuan akselerasi grafis dari GPU.

Pengembang Chrome mengaktifkan fitur SwiftShader yang berfungsi untuk rasterize konten 3D, swiftShader sendiri adalah perangkat lunak berlisensi dari TransGaming.

Implementasi konten 3D di web memang masih belum optimal dijalankan oleh grafis (GPU) namun para developer web telah mulai mengoptimalkan fitur ini.

Anda penasaran ingin mencoba Chrome Versi terbaru? Segera saja unduh Google Chrome versi 18 disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda