Scroll to Top

Alasan Sehat Makan Serat

By Ilham Choirul / Published on Friday, 30 Mar 2012

Sekali pun Anda termasuk orang yang kerap makan serba enak, jangan lupakan untuk melahap buah dan sayuran. Dua jenis makanan ini mengandung serat yang bermanfaat bagi tubuh dalam jangka pendek dan panjang. Serat membantu Anda untuk tidak sembelit. Kotoran pun dengan mudah dikeluar tubuh dan tidak terserap lagi ke tubuh.

makan serat

Dalam jangka panjang, serat membantu Anda untuk tampil sehat tanpa dihinggapi penyakit masa kini yang menghantui. Semisal kanker, atau tumor. Bahkan, serat dari jenis sayuran mau pun buah-buahan bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan yang nikmat.

Dikutip dari She Knows, inilah sehatnya mengonsumsi serat bagi tubuh.

  • Serat dapat mengurangi berat badan. Ketika serat Anda makan, perlu waktu lebih lama untuk dapat dicerna oleh perut. Ini yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Anda pun akan mengurangi jumlah makanan yang akan dimakan. Kalori pada serat biasanya lebih rendah dibanding makanan olahan. Nutrisinya juga lebih baik buat kesehatan Anda.
  • Serat baik untuk jantung. Baik serat larut mau pun tidak larut, keduanya baik bagi jantung Anda. Serat mampu menurunkan kolesterol LDL yang kerap menjadi kerak di pembuluh darah.  Semakin menumpuk kolesterol bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
  • Serat mencegah dan menangani diabetes tipe 2. Serat akan menyuplai gula darah yang sehat dan memperbaiki tingkat insulin. Selain itu, keberadaan serat memperlambat penyerapan glukosa sehingga mengontrol gula darah.
  • Serat memerangi kanker. Penyakit kanker yang menyerang – terutama pada – lambung, usus besar usus kecil, kerongkongan, kanker payudara, dan kanker ovarium bisa dicegah dengan serat. Serat ibarat sapu yang membersihkan saluran pencernaan dari racun. Antioksidan yang banyak terdapat pada serat membantu melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh.
  • Serat meningkatkan kualitas diet. Selain berat badan Anda menurun, serat akan menyuplai berbagai nutrisi yang membuat tubuh Anda semakin fit. Misalnya memperbaiki kesehatan otak, kulit menjadi indah, atau mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit kronis. Misalnya batu empedu, batu ginjal, masalah pencernaan, nyeri sendi, dan sebagainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda