Scroll to Top

Operasi Bariatrik Turunkan Risiko Diabetes

By Ilham Choirul / Published on Friday, 30 Mar 2012

perut ramping

Cara tercepat untuk mengurangi lemak adalah dengan operasi bariatrik. Secara drastis berat badan akan menurun dan timbunan lemak pada perut menyusut. Meski terlihat instan, namun cara ini juga membawa pengaruh baik dalam mengurangi risiko diabetes. Penelitian dari Klinik Cleveland menunjukkan, pasien yang menjalani operasi bariatrik tiga kali lebih baik untuk terhindar dari diabetes dibanding mereka yang mencegah diabetes dengan obat.

Operasi bariatrik adalah tindakan bedah di bagian lambung dan saluran pencernaan untuk mengurangi volume makanan yang bisa dikonsumsi dan yang diserap oleh tubuh seorang. Cara ini efektif untuk melawan obesitas dan perut tampak lebih ramping. Operasi ini berbeda dengan sedot lemak. 

Menurut Dr Philip Schauer, direktur Institut Bariatrik dan Metabolik di Klinik Cleveland, penurunan berat badan yang terukur ini membawa dampak baik mencegah diabetes dengan cara yang cepat. Mungkin hanya dalam hitungan hari atau beberapa jam setelah operasi, pasien mendapati gula darah mereka normal. Hanya saja, hal ini tidak berlaku bagi pasien diabetes yang sudah mengalami penyakit ini bertahun-tahun.

“Kami melihat perubahan dramatis. Mayoritas (operasi) membuat pasien meninggalkan rumah sakit dengan gula darah normal,” kata Schauer seperti dikutip Reuters.

Schauer berpendapat, dengan pnenelitian ini, penanganan untuk pasien diabetes sebaiknya tidak hanya dengan obat saja. Jika tubuh pasien mengalami berat badan berlebih, tindakan operasi pengambilan lemak bisa dijadikan jalan untuk mendukung perbaikan keadaan pasien.

“Studi ini menunjukkan, pada kelompok pasien yang menderita diabetes, operasi lebih efektif daripada obat saja,” ungkap Schauer.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda