Scroll to Top

Orchitis, Kista Skrotum, dan Hidrokel: Penyakit Khas Organ Vital Pria

By Ilham Choirul / Published on Friday, 30 Mar 2012

Wanita maupun pria punya kekhasan sendiri soal penyakit. Kanker payudara, misalnya, lebih sering menyerang wanita dibanding pria meski sebenarnya para pria juga bisa terserang penyakit ini.  Sementara itu, organ kewanitaan juga bisa terserang kanker leher rahim yang begitu marak belakangan ini.

penyakit khas pria

Tidak beda dengan wanita, pria juga memiliki penyakit khas yang lebih menyerang pada seputar alat vitalnya. Ada tiga penyakit pria yang menyerang organ intim:

  • Orchitis. Penyakit yang disebabkan bakteri dan virus ini membuat bengkak dan nyeri di kedua testis. Badan akan bereaksi dengan mengeluarkan demam. Pria dengan orchitis merasa tidak nyaman pada testis yang terasa berat dan sakit untuk penetrasi, kencing, hingga ejakulasi.
  • Masalah di skrotum. Bagian skrotum bisa tumbuh kista di sekitarnya. Bentuknya benjolan cair. Tumbuhnya di bagian yang terhubung dengan testis dan sebagian pembuluh darah. Kebanyakan diderita oleh pria usia 40 tahun ke atas. Tanda adanya kista pada skrotum bisa dideteksi dengan meraba di sekitar skrotum testis.
  • Hidrokel. Tanda dari adanya hidrokel adalah membesarnya skrotum saat seorang pria berdiri. Namun skrotum mengecil kalau posisi sedang berbaring. Hidrokel menyebabkan berkumpulnya cairan di sekitar testis. Seringkali penderitanya tidak merasa sakit pada skrotumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda