Scroll to Top

Ketika Athletic Bilbao Melumat Barcelona 12-1

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 31 Mar 2012

Pertandingan Barcelona melawan Athletic Bilbao akhir pekan ini menjadi kunci penting apakah El Barca mampu terus mengejar Real Madrid atau tidak. Bilbao, klub yang pada Jumat lalu bisa menghancurkan Schalke dengan skor 2-4, bukan tidak mungkin menahan seri Barcelona. Sedikit menengok ke belakang, pernah ada sebuah masa ketika Barcelona benar-benar dihabisi oleh klub kebanggaan rakyat Basque.

Athletic Bilbao vs Barcelona 12-1

Musim 1930/1931 dimulai Barcelona dengan gaya. Betapa tidak? Pada Jornada 1 (pekan pertama) mereka mampu mempecundangi Athletic Bilbao dengan skor 6-3. Optimisme sempat membubung tinggi di kubu El Barca karena memuncaki klasemen pekan pertama. Namun, seiring perjalanan musim, Barcelona lebih sering seri. Sementara, Bilbao melesat ke peringkat kedua.

Puncaknya, adalah pertandingan pekan 10 musim 1930/1931. Athletic Bilbao mendapat giliran untuk menjamu Barcelona. Bertempat di San Mames, Bilbao menyulap kandang mereka yang berjuluk Katredal, sebagi neraka untuk El Barca.

Agustin Sauto Arana atau lebih sering disebut Bata, mencetak gol pembuka Bilbao di menit 2. Gol ini seolah menjadi dentingan lonceng pertama yang memekakkan telinga pasukan Barcelona. Bata kembali membobol gawang kiper Barcelona saat itu, Ramon Llorens di menit 8.

El Barca kemudian bangkit. Severiano Goiburu berhasil memperkecil kekalahan di menit 10. Ketika Barcelona seakan mampu memberikan perlawanan ketat berkat gol tersebut, pertandingan justru berakhir dengan kemenangan telak satu sisi.

Hingga babak pertama berakhir, skor sudah 6-1. Babak kedua, Bilbao bisa melesakkan 6 gol tambahan —satu di antaranya adalah gol bunuh diri—.

Bata pun menjadi pahlawan klub karena mampu membukukan tujuh gol dalam pertandingan ini. 4 golnya di babak pertama ditambah 3 gol di 45 menit kedua. Alhasil, skor akhir 12-1 menjadi milik Athletic Bilbao.

Pada klasemen akhir, Athletic Bilbao berhasil menjadi kampiun dengan 22 poin. Mereka cuma unggul satu angka dari Barcelona yang duduk di peringkat empat. Namun, skor 12-1 tersebut, hingga saat ini, menjadi kekalahan terbesar yang pernah didapatkan Barcelona di semua kompetisi.

Barcelona sendiri, setelah kejadian tersebut, cukup banyak berbenah. Bahkan, saat ini jumlah koleksi gelar juara La Liga mereka mencapai angka 21; atau hampir 3 kali lipat dari Bilbao yang cuma 8 kali menjuarai Liga Spanyol.

Athletic Bilbao vs Barcelona 12-1

8 Februari 1931, San Mames

(Bata ‘2, ‘8. ’24, ’37, ’57, ’60, ’68; Gorostiza ’27; Lafuente ’36; Garizurieta ’55; Zabalo b.d. ’71/ Goiburu ’10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda