Scroll to Top

Bocah 2 Tahun Ini Suka Bermain dengan Ular Kobra

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 31 Mar 2012

Lebih dari berabad-abad orang-orang ini bekerja dan bermitra dengan ular (kobra). Dan bahkan pekerjaan tersebut sudah menjadi tradisi turun-temurun yang harus diwariskan.

Mereka meniup seruling, memainkan lagu, dan ‘menghipnotis’ ular. Pekerjaan ini adalah pawang ular. Pekerjaan yang sangat berbahaya namun melegenda.

Bocah 2 Tahun Ini Suka Bermain Dengan Ular Kobra_1

Foto: Budh Nath (kiri), melatih cucunya Sumit yang masih berusia dua tahun untuk menjadi ‘pawang’ ular. Sebuah profesi dan sekaligus warisan budaya keluarga.

Berbahaya sebab penuh resiko. Melegenda karena tak semua orang India mampu melakukannya. Namun kini mereka harus berjuang hidup di tengah ketatnya hukum perlindungan satwa liar.

Memakai sorban bewarna putih, Budh Nath (65) sedang melatih cucunya yang masih sangat muda untuk dijadikan penerusnya.

Bocah 2 Tahun Ini Suka Bermain Dengan Ular Kobra_2

Foto: Tanu Nath, sembilan tahun, masih cucu dari Budh Nath, dengan ular yang ‘melilit’ lehernya.

Tindakan ini sejatinya adalah perbuatan ilegal. Dan Budh Nath bisa saja dipenjara karenanya. Namun demi tradisi, ia tetap melakukannya.

Keluarga yang tinggal di Faridabab, India, hanya sekitar satu jam perjalanan dari Delhi, mereka bertahan hidup dengan pekerjaan ini.

Bocah 2 Tahun Ini Suka Bermain Dengan Ular Kobra_3

Foto: Karan Nath, enam tahun, bermaian ular dengan kerajang. Praktek ini sekarang di India ilegal.

Namun semenjak akhir tahun 1990-an, tatkala pemerintah mulai menerapkan Wildlife Protection Act anggota komunitas nomaden Beda mulai mengalami kesulitan finansial.

Undang-undang ini mengatur penggunaan binatang liar yang sering digunakan secara komersial menjadi hewan peliharan. Termasuk larangan penggunaannya untuk pertunjukan ular hidup.

“Saya telah menyuruh semu anak saya, semua cucu saya, untuk pergi ke sekolah. Namun saya akan selalu mengejari mereka budaya ini agar warisan kita tidak punah,” ujar Budh Nath.

Bocah 2 Tahun Ini Suka Bermain Dengan Ular Kobra_4

Foto: Tanu Nath dan Karan Nath berpose dengan sang ayah, Mukesh Nath.

Bocah 2 Tahun Ini Suka Bermain Dengan Ular Kobra_5

Foto: Tanu Nath memainkan ‘seruling’ dan Karan Nayt membawa ular di atas kepala. Mereka bernyanyi dan menari bersama ular.

Bocah 2 Tahun Ini Suka Bermain Dengan Ular Kobra_6

Foto: Mereka berdua melanjutkan tradisi, budaya, warisan, dan profesi komunitas Beida yang tak memiliki sumber pendapatan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda