Scroll to Top

Atletico Madrid dan Gol ke-400 di Kompetisi Eropa

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 31 Mar 2012

Kemenangan atas Hannover Jumat lalu, menjadi kado spesial tersendiri bagi Atletico Madrid. Mereka setidaknya berpeluang melaju ke semifinal Europa League asal mampu menahan klub Jerman di leg kedua nanti. Selain itu, Atletico Madrid resmi menembus angka 400 gol di kompetisi Eropa.

Europa League 3

Atletico Madrid memang tidak setangguh rekan sekota, Real Madrid. Meski belakangan sama-sama didukung dengan kekayaaan berlimpah, Atletico kurang mampu berbicara di tingkat domestik. Apalagi Eropa.

Terobosan awal Atletico di Eropa dimulai pada musim 1957/1958. Ketika itu, mereka langsung tampil di European Cup (saat ini Liga Champions). Saat itu, cuma juara antar negara saja yang berhak masuk ke European Cup. Meskipun statusnya cuma runner-up La Liga, Atletico tetap berhak tampil karena kebetulan Real Madrid adalah juara bertahan European Cup. Dengan demikian, musim tersebut, Spanyol mendapatkan jatah dua klub di European Cup.

Prestasi Atletico di musim pertama di kompetisi Eropa, lumayan apik. Mereka bisa melaju ke semi final. Sayang, berhadapan dengan Real Madrid, Atletico kandas. Real Madrid menang 2-1 di Santiago Bernabeu, sementara Atletico menang 1-0 di Estadio Metropolitano.

Andai menggunakan sistem saat ini, Atletico yang berhak masuk ke final. Namun, saat itu tidak ada istilah agresivitas gol tandang. Maka, dilakukanlah pertandingan ketiga antara dua klub kota Madrid yang dimenangkan El Real 2-1.

Sejak saat itu, seiring dengan meningkatnya prestasi Atletico di La Liga, mereka pun berkali-kali tampil di Eropa, entah Liga Champions, Piala UEFA, atau Piala Winners.

Prestasi terbaik Atletico adalah ketika menjuarai Piala UEFA musim 2009/2010 plus Piala Super Eropa tahun 2010.

Kembali ke duel melawan Hannover, sebelum laga kemarin Jumat, Atletico membukukan 399 gol dari 233 pertandingan. Maka, gol sundulan kepala Radamel Falcao menerima umpan tendangan bebas Gabi Fernandez  mencatatkan sejarah tersendiri bagi klub berjuluk Rojiblancos tersebut.

Falcao, penyerang paling subur musim ini sekaligus sosok kunci kebangkitan Atletico Madrid di bawah asuhan Diego Simeone, memasukkan namanya dalam buku sejarah Atletico dengan mencetak gol ke-400 klubnya di Eropa.

Kebahagiaan semakin lengkap karena dalam laga tersebut Eduardo Salvio mencetak gol ke-401 Atletico sekaligus mengantarkan kemenangan klub 2-1 atas Hannover.

Sayang, jika dibuat rerata, koleksi gol Atletico boleh dibilang cukup minim. 401 gol dalam 234 pertandingan berarti 1,24 gol setiap pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda