Scroll to Top

Saat Wasit Liga Jerman Keliru Memberi Kartu Merah

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 31 Mar 2012

Menjadi seorang pengadil lapangan bukanlah hal mudah. Kalu tidak hati-hati, bisa saja tindakan sang wasit berbuah “kartu merah” dari pemain. Hal ini terjadi dalam laga Newcastle vs Birmingham City. Ketika itu, Alan Shearer “diberi jatah” oleh wasit untuk menghukum sang hakim yang menyikut pemain Birmingham, Robbie Savage.

Kartu Merah Wasit Keliru

Keputusan memberi kartu merah juga sering diperdebatkan. Paradas Romero, wasit yang memimpin laga Villarreal vs Real Madrid, harus rela didamprat oleh Pepe dengan kata-kata kotor.

Ada kalanya pula wasit memberi keputusan ambigu tentang siapa yang diberi kartu merah. Pemain A atau pemain B. Sergio Busquets pernah dibuat bingung tentang kartu kuning ‘kedua’ yang seakan melayang kepadanya; padahal wasit menghukum pemain yang ada di belakang gelandang bertahan Barcelona.

Kali ini Sidomi menampilkan peristiwa ketika wasit benar-benar harus bekerja keras dalam mengambil keputusan. Peristiwa ini terjadi dalam laga Eintracht Frankfurt vs Vfb Stuttgart di Bundesliga setahun lalu. Tepatnya pada 27 Februari 2011.

Ketika itu, pertandingan baru berjalan 15 menit. Matthieu Delpierre, bek tengah Stuttgart, dengan sengaja mendorong Maik Franz, pemain Frankfurt. Akibat insiden ini para pemain Stuttgart dan Frankfurt terlibat ketegangan.

Saat itulah Wasit Wolfgang Stark langsung menghampiri para pemain tersebut. Tanpa ampun, Stark langsung mengacungkan kartu merah kepada rekan setim Delpierre, Khalid Boulahrouz yang tidak melakukan apa-apa. Kontan saja Boulahrouz yang dahulu sempat berkostum Chelsea, meradang. Ia merasa tidak melakukan apa pun!

Beruntunglah, hakim garis langsung bereaksi cepat. Dengan alat komunikasi, sang hakim garis langsung memberitahu Wolfgang Stark bahwa ia keliru memberi kartu merah. Sang pengadil pun segera meralat hukuman kartu merahnya. Ia cukup menunjuk Delpierre untuk meminta sang bek keluar arena.

Boulahrouz yang sampai merasa perlu berteriak lantang kepada hakim garis pun akhirnya mendapatkan haknya untuk tetap bertahan di lapangan.

Pertandingan ini sendiri dimenangkan oleh Stuttgart dengan skor 0-2. Dua gol Stuttgart dibuat di babak kedua, masing-masing oleh Martin Harnik di menit 64 dan Tamas Hajnal (68′).

Yah, siapa yang berkata, pekerjaan seorang wasit mudah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda