Scroll to Top

Gitar Fender Signature Eross Chandra Resmi Diluncurkan

By angelberta / Published on Saturday, 31 Mar 2012

Eross Chandra

Fender adalah nama produk gitar yang sudah melegenda. Gitar ini awalnya di buat oleh Leo Fender di tahun 1950 sebagai gitar solid pertama di dunia. Banyak gitaris besar dunia yang menggunakan gitar tersebut, misalnya Jimi Hendrix, Buddy Guy, Eric Clapton, Jeff Beck, Yngwie Malmsteen dan masih banyak lagi.

Sejak belajar memetik gitar, Eross Chandra atau biasa dipanggil Eross mengaku sudah jatuh cinta pada gitar Fender. Dan sampai sekarangpun ia menggunakan Fender. Berawal dari kebiasaan dan saking cintanya, gitaris Sheila On 7 ini akhirnya mendapat sponsor dari Fender, terlebih diberi kepercayaan untuk signature produk Amerika itu.

Pria kelahiran Yogyakarta, 3 Juli 1979 tersebut sangat beruntung, pasalnya ini untuk pertama kalinya perusahaan Fender membuat signature gitar musisi Indonesia. Alangkah bangganya untuk seorang gitaris kalau namanya diabadikan dan diakui oleh sebuah merk gitar ternama di dunia.

“Mungkin dari awal image aku Fender ya. Waktu ditawarin Fender juga aku cuma bilang ‘Sebenarnya nggak udah di-endorse juga, aku akan terus pakai Fender’. Kecintaan aku dari kecil sama Fender menuntun aku ke step ini,” ungkap Eross seperti dilansir detikHot (30/3/2012).

Fender Signature Eross Chandra

Begitu mendapat sebuah kepercayaan, Eross sangat serius menghadapi tantangan ini. Setiap penggarapan gitar tersebut ia awasi. Bahkan mengenai pemilihan komponen, warna, maupun karakter suara yang akan dihasilkan, Eross ambil contoh gitar Fender tahun ’67. Lantaran tak ingin narsis, Eross pun lebih memilih untuk meletakkan signature (tanda tangannya) di bagian belakang headstock gitar.

“Warna, dan semua detailnya aku yang pilih. Itu gitar basic-nya dari Telecaster 67 tapi aku bikin lebih bisa dipakai siapa aja. Neck-nya aku bikin lebih kecil. Jadi kalau gitar aslinya cuma bisa blues doang, signature ini bisa main pop bisa, rock juga bisa. Bukan satu genre aja,” jelas suami dari Sarah Diorita ini.

Gitar Fender signature Eross Candra yang dibuat di Cina ini akan dirilis sekitar 3 mingg lagi, dan akan dibandrol dengan harga kurang lebih Rp. 3 juta.

“Menurutku harganya cukup masuk akal. Misalkan aku ngejar feel seperti itu, dari gitar Fender aku beli terus aku upgrade itu pasti lebih mahal. Ngejar upgrade dengan basic Fender bisa habis 10 sampai 15 juta. Aku survei puluhan tahun untuk ini. Gitar ini bukan cuma mainan. Ini barang profesional,” ujar Erros kemudian.

Adapun specs gitar signature Eross Chandra sebagai berikut.

Body:
Ash/pine

Neck:
Maple

Pickup:
Vintage Telecaster Squier (neck)
Duncan Design Double Rail Humbucker Single-coil-size (bridge)

Hardware:
Vintage style squier 50’s

Color:
Desertsand
Butterscotch blonde

Pickguard:
Black

Switch:
3 way

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda