Scroll to Top

Facebook Berencana Ciptakan Mesin Pencari Sosial

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 31 Mar 2012

Mesin Pencari Sosial FacebookTak hanya kompetisi jejaring sosial yang semakin manas di internet. Kini, kompetisi di mesin pencari tak kalah seru.

Beberapa waktu lalu SidomiNews mewartakan sebuah mesin pencari baru namun lama yang bernama DuckDuckGo.

Mesin pencari ini sebagai alternatif atas ketatnya privasi yang diusung Google.

Facebook, jejaring sosial semiliar umat tak kalah ketinggalan. Situs besutan Mark Zuckerberg ini berencana ingin membuat sebuah mesin penelusuran khusus.

Mengapa khusus? Sebab mesin pencari ini nantinya hanya fokus pada pencarian sosial. Dan dengan mesin pencari ini maka nantinya dapat membantu mereka dalam navigasi pencarian konten di jejaring sosial Facebook.

Saking seriusnya, Facebook telah memerkuat amunisi hingga dua lusin teknisi. Dan tak tanggung-tanggung, tim ini dipimpin oleh mantan teknisi Google, Lars Rasmussen.

Nantinya, mesin pencari sosial ini sebagai filter yang dapat menyaring semua konten di Facebook. Seperti updates status, catatan, video, tautan, dan segala laman di Facebook yang diberi ‘jempol’.

Apakah nanti mesin pencari Facebook juga akan mendatangkan pundi-pundi keuntungan ke kantong Facebook? Masih belum terdengar kabar hingga kesana.

Sejauh ini, fitur pencarian Facebook yang disediakan masih menjalin kerjasama dengan mesin pencari Microsoft – Bing.

Jika nantinya mesin pencari sosial ini terlaksana, maka Facebook akan secara serius menantang Google.

Beberapa waktu lalu, Google telah menambahkan fitur baru dalam mesin pencarinya yang lebih personal dengan nama Search Plus Your World, yang mengandeng konten dari Google+.

Apakah mesin pencari sosial Facebook akan mencari seluruh konten di laman web atau hanya di laman Facebook?

Menurut sumber terdekat, nantinya konten yang dicari oleh mesin pencari sosial ini akan menggunakan sejumlah data pribadi yang ada di Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda