Scroll to Top

Kiat Menjaga Kesehatan Mata Bagi Yang Bekerja Dengan Komputer

By C Novita / Published on Saturday, 31 Mar 2012

menjaga kesehatan mata

Saat ini, banyak pekerjaan yang membutuhkan komputerisasi dalam mengolah data. Bagi pekerja yang harus berada di depan komputer selama lebih dari 12 jam per hari, resiko kesehatan mata terganggu besar sekali.

Masalah mata seperti mata merah, iritasi, mata bengkak, berair, pusing, kerap mendera para pekerja ini. Sementara untuk menjauhi komputer, adalah hal yang tidak mungkin dilakukan karena vitalnya komputer bagi pekerjaan mereka.

Berikut adalah kiat menjaga kesehatan mata, bagi orang-orang yang harus berhadapan dengan layar komputer dalam waktu lama.

  • Atur ruangan kerja senyaman mungkin

Pencahayaan ruangan jangan sampai membuat mata Anda silau, karena cahaya dari layar komputer sendiri sudah menyilaukan. Tempatkan monitor sedikit di bawah arah horisontal pandangan mata. Jangan terlalu tinggi, juga jangan terlalu rendah agar leher tidak perlu menunduk atau mendongak.

  • Istirahat di tengah kerja

Setiap setengah jam atau 1 jam sekali, berdirilah dan istirahatkan mata Anda. Memandang sebuah benda dengan jarak yang jauh secara fokus selama beberapa saat akan membantu mata kembali rileks. Jika perlu, Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar ruangan agar tidak terlalu pegal.

  • Palming

Palming adalah salah satu teknik yoga yang fungsinya menyegarkan penglihatan dan merilekskan syaraf. Caranya, gosok kedua telapak tangan hingga hangat, lantas tempelkan pada mata selama minimal 30 detik.

  • Sering berkedip

Ketika sedang berkonsentrasi dalam memandang sesuatu, termasuk monitor, orang kerap lupa berkedip. Ini membuat mata menjadi kering, iritasi dan merah.

  • Gunakan tetes mata

Untuk kembali menyegarkan mata yang kering dan iritasi, Anda bisa gunakan obat tetes mata. Sebab jika dibiarkan saja tanpa perawatan, maka mata bisa makin parah keadaannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda