Scroll to Top

Iker Muniain: Lionel Messi dari Pamplona

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 31 Mar 2012

Laga Barcelona menghadapi Athletic Bilbao esok hari tidak hanya mempertemukan dua klub terbesar di Liga Spanyol. Tetapi juga, dua penyihir dari masing-masing klub. Penyihir pertama, Lionel Messi dari Barcelona, sudah membuktikan keampuhan mantranya dalam delapan tahun terakhir. Penyihir kedua, bagaikan bunga yang tengah bersemi. Iker Muniain, penyerang sayap Athletic Bilbao kelahiran Desember 1992.

Iker-Muniain

Entah sebuah kebetulan atau tidak, yang jelas banyak kemiripan antara Lionel Messi dan Iker Muniain. Lionel Messi tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak gol untuk Barcelona di ajang La Liga. Rekor ini dibukukannya ketika El Barca membungkam Albacete dengan skor 0-2 pada 1 Mei 2005. Ketika itu Messi berusia 17 tahun, 10 bulan, dan 7 hari.

Hampir empat tahun kemudian, seorang anak kecil mencuri perhatian dunia. Iker Muniain menjadi pemain termuda yang mencetak gol di La Liga pada 4 Oktober 2009. Bocah ini membantu Athletic Bilbao menahan Real Valladoid 2-2. Usia Muniain saat itu baru 16 tahun 289 hari.

Gol yang dibukukan Muniain kala itu hanyalah pembuktian kesekian tentang calon winger terbaik Spanyol pada masa mendatang. Sebelumnya, sudah banyak rekor Athletic Bilbao yang ditembus oleh pemain mungil ini.

Semisal, Iker Muniain adalah pemain termuda yang berlaga untuk Bilbao. Hal ini terjadi pada 30 Juli 2009, ketika klub Basque harus menjamu BSC Young Boys (Swiss) di ajang kualifikasi Europa Leagu. Saat itu, Muniain yang masuk sejak menit 59 masih berusia 16 tahun, 7 bulan, dan 11 hari.

Muniain juga menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk Bilbao di ajang resmi; hanya seminggu setelah melakoni debutnya. Lawannya pun sama, BSC Young Boys; kali ini dalam laga tandang. Muniain membukukan satu gol untuk membawa kemenangan Bilbao 1-2. Saat itu, usianya 16 tahun 7 bulan 18 hari.

Pemain yang mungkin saja berpindah ke akademi La Masia sembilan tahun lalu ini, kini tak terbantahkan lagi sudah menjadi kunci permainan Athletic Bilbao. Iker Muniain tercatat sudah bermain selama 2415 menit khusus di La Liga saja musim ini. Cuma ada satu orang di Bilbao yang bisa melebihi catatan menit bermainnya, yaitu sang kiper Gorka Iraizoz.

48 kali bermain, 9 gol sudah dikemas oleh Iker Muniain musim ini. Istimewa karena gol-golnya kerap menjadi penyelamat Athletic Bilbao. Kini, sebuah misi layak diberikan kepada pemain berusia 19 tahun.

Ketika semua dunia tengah memperhatikan Lionel Messi, mungkinkah Muniain mampu menunjukkan bahwa si kecil dengan tinggi 169 cm ini tak kalah ajaib dengan sang nomor 10? Ya, inilah saat bagi Iker Munian, Lionel Messi dari Pamplona, unjuk gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda