Scroll to Top

Face.com: Aplikasi Pemindai Wajah dan Pendeteksi Usia Pengguna Facebook

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 31 Mar 2012

Bagi mereka yang gemar memakai identitas palsu atau memasang foto profil yang tidak sesuai dengan jati diri yang sebenarnya di Facebook, hendak berhati-hati.

Sebab kini ada sebuah aplikasi Facebook yang dapat memindai wajah dan mendeteksi usia seseorang – pengguna Facebook – dari sebuah foto.

Face dot com

Terkadang kita tertarik dari foto seseorang. Ia cantik, tampan, rupawan, namun sesungguhnya telah berumur atau bahkan masih belia.

Dengan pose yang diatur sedemikian rupa, sang pemilik profil dengan lihainya memanipulasi usia serta wajah. Dan tidak sedikit kasus kriminal yang dipicu dari persoalan foto.

Nama aplikasi tersebut adalah Face.com. Dengan aplikasi ini maka kita tidak hanya dapat mendeteksi usia, namun juga suasana hati serta mood.

Ketika aplikasi ini diuji, dapat menemukan beberapa hasil yang beragam. Saat memrediksi usia, Face.com melihat dari beberapa indikator. Seperti keriput dan tekstur kulit.

Menariknya teknologi tersebut dapat dihubungkan dengan parental control atau aplikasi kontrol orangtua. Sehingga orangtua dapat membatasi usia pengguna serta ketertarikannya.

Face.com mampu mengenali wajah dengan tingkat keakuratan 30%. Nantinya aplikasi ini mampu menebak umur, usia (maksimun dan minimum), gender, dan wajah dari sebuah foto.

Ingatkah Anda dengan kasus seorang pemuda Bekasi yang ternyata menikah dengan seorang pria yang dikira wanita setelah enam bulan berumah tangga?

Nah dengan Face.com kejadian serupa dapat dihindari. Dengan Face.com pengguna Facebook dapat membantu mengenali teman barunya lebih lanjut dari sebuah foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda