Scroll to Top

Barcelona vs Athletic Bilbao 2-0: Lionel Messi Satu Assist Satu Penalti

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 01 Apr 2012

Beberapa menit setelah Real Madrid memastikan kemenangan besar 1-5 di kandang Osasuna, Barcelona mesti menjalani takdir menghadapi klub sulit. Athletic Bilbao datang ke Camp Nou dengan janji peragaan permainan menyerang yang mumpuni. Bilbao sendiri diasuh oleh Marcelo Bielsa, yang sempat digadang-gadang akan menjadi pelatih Barcelona andai Pep Guardiola hengkang.

Barcelona vs Athletic Bilbao 2-0

Menyimpan Xavi Hernandez di awal laga, Pep Guardiola memakai trio gelandang Sergio Busquets-Andres Iniesta-dan pemain muda Thiago Alcantara yang kartu merahnya dihapuskan. Di lini depan, Cristian Tello diminta mendampingi duo Lionel Messi dan Alexis Sanchez.

Sementara itu, Bilbao juga melakukan perubahan signifikan. Marcelo Bielsa tampaknya masih khawatir dengan leg kedua Europa League. Ander Herrera, Iker Muniain, Fernando Llorente turun sebagai pemain pengganti.

Sementara, Fernando Amorebieta dan Mikel San Jose hanya mendekam di bangku cadangan. Bielsa mempercayakan lini depan pada Gaizka Toquero. Ia dibantu pemain yang lebih sering menjadi supersub, Ibai Gomez di sisi kanan. Sementara, Markel Susaeta  bergerak di kiri Toquero.

Barcelona tampil terlalu dominan di pertandingan ini. Bilbao yang diharapkan mampu mengganjal laju pasukan Pep Guardiola, seolah dibuat terkurung dan terkurung oleh pergerakan Lionel Messi dkk. selama 90 menit. Namun, ketukan gol ke pintu Gorka Iraizoz membutuhkan waktu.

Lionel Messi melepaskan tendangan bebas kejutan di menit 24. Bilbao beruntung karena dengan sigap Iraizoz menepis bola yang melesat ke sudut gawangnya. Demikian pula dengan percobaan Gerard Pique dan Andres Iniesta.

Pukulan pertama baru terasa di menit 40. Dengan jitu, Lionel Messi melepaskan umpan kepada Andres Iniesta yang berlari merusak lini belakang Athletic Bilbao. Iniesta mengakhirinya dengan tembakan ke sudut dekat yang sama sekali tidak diduga oleh Iraizoz. 1-0 adalah hasil pantas untuk laga yang berat sebelah di sepanjang babak pertama.

45 menit kedua, Marcelo Bielsa melepaskan trio pemain kuncinya. Dimulai dengan Iker Muniain dan Ander Herrera. Namun, Bilbao tetap kerepotan dan membutuhkan sosok Gorka Iraizoz yang beberapa kali mengamankan gawangnya dari serbuan Barcelona.

El Barca pun membunuh pertandingan di menit 58 lewat penalti yang sedikit kontroversial. Cristian Tello diklaim terjatuh di kotak penalti oleh Javi Martinez. Lionel Messi yang menjadi algojo, sukses mencetak gol ke-36nya di La Liga. Sekaligus, membuatnya hanya terpaut satu gol dari top skorer sementara, Cristiano Ronaldo.

Masuknya Fernando Llorente tidak menghasilkan apa pun bagi Bilbao. Satu-satunya aksi paling membahayakan adalah ketika tembakan Iker Muniain harus disapu oleh Gerard Pique.

Berkat kemenangan ini, Barcelona tetap mempertahankan jarak enam angka dari Real Madrid. Sementara, Bilbao kini harus benar-benar berkonsentrasi di Eropa dan Piala Raja. Mereka semakin tercecer di papan tengah klasemen.

Barcelona Athletic Bilbao
20(14) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 4(1)
11 Pelanggaran 14
10 Tendangan Sudut 4
2 Offside 2
55% Ball Possession 45%
1 Kartu Kuning 3
0 Kartu Merah 0
1 Penyelamatan 12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda