Scroll to Top

Empat Pemain Ini Masuk dalam 10 Pemain Terbanyak Berlaga untuk Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 02 Apr 2012

Musim ini Barcelona memiliki empat kapten. Mereka adalah Carles Puyol, Victor Valdes, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta. Tiga dari empat kapten tersebut sudah masuk ke dalam daftar 10 pemain terbanyak bertanding dengan seragam Barcelona. Sementara, yang satu, tengah membidik catatan ini dalam tiga pertandingan berikutnya.

Xavi Hernandez Carles Puyol

Xavisaat ini menjadi pemain terbanyak berlaga untuk Barcelona sepanjang masa. Total, sang jenderal lapangan tengah El Barca sudah bermain 619 kali. 408 di antaranya dilakoni di Liga Spanyol.

Debut perdana sang nomor 6 terjadi pada 18 Agustus 1998 ketika Barcelona menghadapi Real Mallorca di Piala Super Spanyol. Dalam laga itu, Xavi merasakan betapa tipisnya kebahagiaan dan kesedihan. Bocah berusia 18 tahun menjadi pencetak gol satu-satunya Blaugrana. Namun, hal itu tak mampu menolong El Barca yang kalah 2-1 dari tuan rumah. Hingga kini, Xavi sudah mengoleksi 41 gol.

Di bawah Xavi, ada Carles Puyol. Bek berpengalaman ini sudah bermain 549 kali untuk Barcelona. Catatan ini membuat Puyol setara dengan Migueli, salah satu legenda Barcelona di era 1970-an hingga 1980-an. Maka, andai Puyol diturunkan saat Barcelona menjamu AC Milan di leg kedua Liga Champions pertengahan pekan ini, dijamin Puyol akan mengungguli Migueli.

Puyol sendiri melakukan debut di usia 21 tahun bersama tim senior Barcelona. Cederalah yang membuat Puyol tidak mendapatkan jumlah laga yang sebanyak Xavi.

Yang unik, bersama sang kapten pertama ini, Barcelona sempat membukukan rekor 56 kali tak kalah di lapangan secara beruntun. Rekor ini dimulai sejak Barcelona ditumbangkan Internazionale 3-1 di semifinal Liga Champions musim 2009/2010 dan berakhir saat El Barca ditumbangkan Osasuna 3-2 musim ini.

Selanjutnya, ada nama Victor Valdes. Kiper ini sudah bermain 449 kali untuk Barcelona. Valdes memiliki jumlah laga yang sama dengan legenda Barcelona sekaligus eks pelatih El Barca, Carles Rexach. Valdes memulai debut pada musim 2003/2004 saat berusia 22 tahun.

Yang terakhir dan tidak boleh dilupakan, adalah Andres Iniesta dengan 397 pertandingan. Gelandang yang menjadi pencetak gol pembuka El Barca saat melawan Athletic Bilbao akhir pekan ini, cuma butuh tiga laga lagi untuk masuk dalam 10 besar pemain terbanyak berlaga untuk Barcelona. Dengan tambahan tiga laga, Iniesta akan sejajar dengan Jose Ramon Alexanxo, pemain Barcelona era 1980-an hingga awal 1990-an. Alexanco saat ini mengoleksi 400 laga untuk klub Catalan.

Sementara itu, Lionel Messi kemungkinan akan masuk ke dalam 10 pemain terbanyak berlaga untuk Barcelona pada awal musim 2013/2014. Saat ini Messiah sudah mengoleksi 317 laga. Atau, butuh 83 pertandingan lagi untuknya menyamai prestasi Alexanco.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda