Scroll to Top

Triclosan, Bahan Antikuman yang Bahayakan Kesehatan

By Ilham Choirul / Published on Monday, 02 Apr 2012

Triclosan

Pernahkah Anda mendengar kata triclosan? Kata ini mungkin Anda jumpai pada kemasan pasta gigi, sabun mandi, detergen, dan produk lain yang mengklaim bisa membunuh bakteri. Ada benarnya manfaat zat ini untuk membunuh kuman. Hanya saja, ternyata triclosan punya efek samping yang meracuni lingkungan.

Pemerintah Kanada bahkan segera melarang penggunaan triclosan. BPOM-nya Amerika Serikat, yaitu FDA, telah didorong dari berbagai penelitian untuk mengakui adanya “kekhawatiran yang teruji” dari produk yang mengandung triclosan. Paparan dalam jangka panjang dimungkinkan menyebabkan efek tidak baik untuk kesehatan.

Merujuk dari studi yang ada, seperti dikutip Rodale News dari jurnal Edmonton, triclosan mampu mengubah proses normal hormon tubuh dan menjadi racun tiroid. Bahan ini turut diduga menyebabkan bakteri menjadi semakin kuat dalam menghadapi antibiotik dan berubah enjadi superbug. Triclosan juga dikaitkan sebagai penyebab alergi.

Para ahli juga mengatakan, sebenarnya pemakaian sabun biasa dan air sudah punya efek seperti sabun antibakteri yang membunuh kuman. Jadi kurang benar jika dinyatakan hanya sabun antibakteri yang bisa membunuh kuman.

Selain pada sabun, pasta gigi, dan detergen, banyak produk lain yang teridentifikasi dimungkinkan memakai triclosan. Produk tersebut adalah kosmetik, deodoran, dan produk perawatan pribadi lainnya. Sementara itu, barang sehari-hari yang bisa diberikan bahan ini adalah perlengkapan sekolah anak-anak, kaus kaki, bra dan celana, sandal, sepatu, peralatan dapur, dan ratusan produk lainnya.

Ciri khasnya, biasanya produk ditawarkan dengan slogan “bebas kuman”, “antimikroba”, “bebas bau”, bebas bau matahari”, “melawan kuman”, dan sebagainya. Anda juga bisa membaca komposisi bahan antikuman tersebut dengan melihat jenis zat aktif yang ada pada kemasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda