Scroll to Top

Bagaimana Cara Mendeteksi Kebohongan? Tanya pada Software!

By Ibnu Azis / Published on Monday, 02 Apr 2012

Bagaimana Cara Mendeteksi KebohonganMengetahui seseorang telah berbohong atau tidak adalah tindakan yang tidak mudah.

Namun dengan sebuah bantuan software komputer, maka hal tersebut dapat dimungkinkan.

Para ilmuwan tengah mengembangkan sebuah software yang dapat mengungkapkan tingkat kejujuran seseorang yang menunjukkan indikasi kebohongan.

Software ini nantinya akan membaca bagaimana bola mata subjek saat didiagnosis, memonitor pergerakan pupil matanya, yang mana hal ini sangat menentukan seseorang berkata jujur atau mencoba berbohong kepada Anda.

Para peneliti di Universitas Bufallo mencatat beberapa percakapan yang dari sejumlah percakapan tersebut mengandung kebohongan atau percakapan yang tidak jujur.

Software ini kemudia diujicobakan pada beberapa percakapan tersebut. Dan mereka menemukan bahwa perangkat lunak ini memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi.

Sementara pemeriksa khusus terlatih (interogator) hanya mampu mengidentifikasi 65% dari pernyataan palsu, komputer (software) mampu mengidentifikasi 82,5%.

“Apa yang kita ingin pahami adalah apakah ada sinyal perubahan yang dipancarkan oleh orang-orang ketika mereka berbohong, dan dapatkan mesin mendeteksinya,” tegas asisten profesor Ifeoma Nwogu, dari Universitas Bufallo.

Sekarang para ilmuwan berencana untuk melakukan studi tambahan pada skala yang lebih besar, dengan tujuan jangka panjang untuk mengembangkan sistem yang bisa bekerjasama dengan interogator manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda