Scroll to Top

Harta Karun Indonesia Senilai 734 Miliar Siap Dilelang di Singapura

By Ibnu Azis / Published on Monday, 02 Apr 2012

Harta Karun Indonesia_1

Harta karun yang ditemukan di kapal yang tenggelam di lepas pantai Indonesia 1.000 tahun yang lalu akhirnya siap dilelang setelah delapan tahun disimpan.

Harta karun ini terdiri dari 250.000 benda berharga seperti kristal, keramik, mutiara, dan emas. Harta yang bernilai Rp 734 miliar ini ditemukan oleh penyelam di pelabuhan Cirebon, Jawa Tengah.

Rencananya harta karun ini akan dilelang di Singapura. Langkah ini diambil setelah dua tahun gagal dilelang atau dijual di tanah air.

Harta Karun Indonesia_2

Beberapa benda terpilih telah disumbangkan ke pemerintah Indonesia. Dan hasil lelang diharapkan dapat menjadi donasi untuk koleksi museum.

Harta karun ini secara total ditaksir bernilai Rp 734 miliar. Nelayan pertama kali melihat bangkai kapal pada kedalaman 56 meter di bawah laut.

Luc Heymans, direktur Cosmix Underwater Research Ltd mengatakan jika harta tersebut adalah penemuan terbesar yang pernah diekplorasi di Asia Tenggara baik dari segi kualitas dan kuantitas.

Harta karun ini ditemukan pada bulan April 2004 hingga Oktober 2005. Membutuhkan 22.000 penyelam untuk mengangkat pelbagai benda berharga ini dari kapal karam.

Harta Karun Indonesia_3

Benda yang ditemukan menunjukkan jika barang-barang tersebut adalah benda yang diperdagangkan di wilayah Timur Tengah. Seperti ukiran batu dan kristal.

Ada juga gelas, mutiara, perunggu, dan emas yang diyakini dari Malaysia. Pun juga ada porselin China dari masa kekaisaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda