Scroll to Top

Robocup: Sepakbola Robot akan Kalahkan Manusia Sebelum 2050

By Ibnu Azis / Published on Monday, 02 Apr 2012

Ingat film superhero polisi dalam bentuk robot, Robocop? Sebuah kompetisi sepakbola di Jerman memiliki nama yang serupa dengan Robocop, yakni RoboCup.

Robocup_1

Foto: Dua tim: biru dan pink (ikat pinggang robot) sedang berebut bola (merah) dalam sebuah kompetisi sepakbola robot di Jerman yang benamana RobotCup.

Selama tiga hari, dari tanggal 30 Maret hingga 1 April silam, mahasiswa dan peneliti dari seluruh Eropa menerjunkan tim terbaiknya di Magdeburg, Jerman.

Robocup_2

Foto: Para robot ini diramalkan pada tahun 2050 nanti mampu menandingi kemampuan sepakbola manusia. Dan rencananya pada tahun 2050 mendatang mereka akan diadu dengan manusia.

Kompetisi sepakbola ini bukan sebuah kompetisi sepakbola biasa. Kontentasnya bukanlah manusia, tapi sesuai namanya, yakni robot.

Robocup_3

Foto: Laiknya sepakbola di lapangan hijau, para robot ini juga mahir bermain bola saling berebut dan menjatuhkan lawan.

Lebih dari 35 tim dari 12 negara berpartisipasi dalam acara tersebut. Mereka memamerkan robotnya dalam empat liga yang berbeda.

Robocup_4

Foto: Sambil menjatuhkan diri, robot penjaga gawang ini mencoba menyelamatkan gawangnya dari serbuan tembakan penyerang lawan.

RoboCup dicetuskan pertama kali di Jepang. Rencananya, pada tahun 2050 nanti, ketangkasan dan kecanggihan RoboCup nantinya dapat diadu tanding dengan sepakbola manusia.

Apakah pesepakbola di masa depan mampu menandingi RoboCup? Mari kita tunggu tahun 2050 kelak.

Robocup_5

Foto: Di pergantian babak istirahat para pemain bola turun minum. Namun untuk robot pesepakbola mereka saatnya di-charge untuk mengisi energi (baterai).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda