Scroll to Top

Radamel Falcao Pengganti Sempurna Sergio Aguero

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 02 Apr 2012

Awal musim ini, pendukung Atletico Madrid harus menangis. Klub lebih suka melepas duo bomber andalan Rojiblancos: Diego Forlan dan Sergio Aguero. Forlan hijrah ke Internazionale, sementara Aguero bermukim di gudang uang, Manchester City.

Radamel Falcao

Hengkangnya Forlan masih bisa dimaklumi karena toh di musim terakhir (musim 2010/2011) sang penyerang Uruguay tidak memberi kontribusi maksimal. Lagipula usia Forlan yang sudah 32 tahun akan menjadi kendala.

Penjualan Forlan terbukti tepat. Atletico mendapatkan 5 juta Euro, sementara sang pemain baru mencetak 2 gol dari 14 pertandingan bersama klub barunya.

Lain lagi dengan Sergio Aguero. Sejak awal ia menjadi pemain kesayangan fans. Bahkan, sebelum pergi, Aguero mampu mencetak 20 gol khusus di Liga Spanyol saja di musim terakhirnya bersama Rojiblancos, rekor tersubur Kun ketika berseragam Atletico Madrid.

Di Manchester City, Kun mampu mengoleksi 24 gol dari 41 pertandingan. Produktivitas yang membuat aksi fans Atletico Madrid membakar seragam nomor 10-nya layak dianggap wajar.

Namun kini fans sudah mulai melupakan duo bomber tadi, terutama Aguero. Radamel Falcao hadir sebagai solusi tepat. Dibanderol dengan harga 40 juta Euro, penyerang Kolombia membuktikan kapasitasnya sebagai penyerang utama Atletico Madrid.

Dalam pertandingan terakhir, Falcao mencetak satu gol dalam kemenangan Atletico Madrid atas rekan sekota, Getafe 3-0. Dengan gol ini, Falcao resmi mencetak 20 gol di La Liga.

Jika dibandingkan dengan Sergio Aguero, Kun membutuhkan waktu lima tahun untuk mendapatkan pencapaian seperti Falcao. Ya, dalam empat tahun pertama berseragam Atletico Madrid, Kun cuma mentok di angka belasan untuk gol di Liga Spanyol.

Mengingat Liga Spanyol masih tersisa 8 pekan lagi, koleksi gol Falcao jelas bisa bertambah. Artinya, di tahun pertama saja, penyerang Kolombia sudah mampu menyalip Sergio Aguero dalam urusan mencetak gol di liga domestik.

Demikian pula dengan gol di seluruh kompetisi dalam semusim. Sergio Aguero tercatat dua kali mencetak rekor tersubur bersama Rojiblancos dalam semusim. Yaitu pada musim 2007/2008 dan 2010/2011. Dalam dua musim tersebut koleksi golnya mencapai angka 27.

Sementara itu, di musim pertama bersama Atletico Madrid, dan kompetisi belum berakhir, jumlah gol Falcao sudah setara dengan catatan terbaik Kun: 27 gol. 20 di Liga Spanyol dan 7 di Europa League.

Rata-rata mencetak gol Falcao pun lebih baik daripada Kun. Musim lalu, Aguero mencetak 27 gol dari 41 penampilan. Artinya, ia membukukan 0,65 gol dalam setiap pertandingan. Sementara itu, Falcao hingga saat ini 27 gol hanya dalam 38 pertandingan: 0,71 gol per laga.

Yang paling penting, hingga pekan ke-30 musim 2011/2012, Falcao tercatat sebagai penyerang paling berpengaruh bagi tim. 20 golnya membuat Atletico mampu menjebol gawang lawan 42 kali. Artinya, 48% gol Atletico Madrid berasal darinya. Tidak ada penyerang yang mencapai prestasi ini; termasuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda