Scroll to Top

PSSI Nyatakan Telah Banyak Berkorban Demi Rekonsiliasi

By Aditya / Published on Monday, 02 Apr 2012

PSSI

Meskipun belum membuahkan hasil, PSSI di bawah kepemimpinan Djohar Arifin Husin terus mengupayakan terwujudnya rekonsiliasi dengan klub-klub yang berkompetisi di ISL. Bahkan, PSSI menyebut bahwa mereka telah berkorban banyak demi terciptanya rekonsiliasi.

“Ini merupakan bentuk keseriusan dari PSSI untuk melakukan rekonsiliasi. Bisa dilihat bahwa ini sebuah pengorbanan dari kami agar mereka (klub-klub ISL) bersedia untuk kembali ke rumah,” kata Wakil Sekretaris Jenderal PSSI, Tondo Widodo, di Jakarta seperti dikutip dari BolaNet, Senin (2/4).

Pengorbanan yang dimaksud oleh Tondo Widodo adalah bahwa PSSI sudah banyak mengalah kepada para kontestan ISL. Salah satunya, PSSI telah bersedia untuk mengubah nama kompetisi jika rekonsiliasi terwujud. Dengan demikian, nantinya tidak akan ada lagi ISL maupun IPL karena digantikan dengan nama dan format baru.

Ucapan senada juga terlontar dari petinggi PSSI lainnya, yakni Saleh Mukadar yang menjabat sebagai Deputi Sekretaris Jenderal PSSI Bidang Kompetisi.

“Bisa jadi namanya I-League atau yang lainnya. Sementara, operatornya bisa saja kita carikan dari pihak yang telah profesional menjalankan liga. Bisa dari Eropa atau Jepang,” ujar Saleh Mukadar yang juga merupakan tokoh sepakbola berpengaruh di Surabaya ini.

PSSI memang sedang sangat gencar mengusahakan tercapainya rekonsiliasi dengan klub-klub ISL untuk menghindari hukuman dari FIFA. PSSI harus bisa menyelesaikan persoalan dualisme kompetisi sebelum tanggal 15 Juni 2012. Jika gagal, kemungkinan besar FIFA akan menjatuhkan sanksi untuk Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda