Scroll to Top

Saat Bayi Lelap Baiknya Ibu Istirahat

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 03 Apr 2012

ibu dan bayi

Masa-masa awal merawat bayi cukup merepotkan. Bulan pertama hingga ketiga setelah kelahiran, biasanya bayi belum menemukan pola tidur yang pasti. Kadang malam hari justru bangun dengan keadaan bugar. Begitu pula sebaliknya. Orang tua dituntut super sabar menghadapi perubahan ini.

Tidak sedikit pula sang ibu justru merasa kewalahan. Di samping mesti menyusui di waktu kapan pun, ibu juga dituntut mengurus keperluan bayi lainnya yang kadang cukup kikuk bila dilakukan sang ayah. Misalnya menenangkan bayi saat menangis, menggendong, mengganti popok, membersihkan pup, memandikan, dan lain-lain. Akibatnya, jam tidur sang ibu terkuras untuk melayani bayinya sepanjang waktu.

Perlu diketahui, ibu menyusui sebaiknya selalu menjaga kebugaran tubuhnya. Pasalnya, begitu ibu terserang penyakit menular, misalnya batuk atau pilek, maka bisa menular ke bayi. Tidur cukup akan meningkatkan kekebalan tubuh ibu. Kurang tidur malah bisa membuat ibu stres.

Oleh karena itu, di masa awal kelahiran, seorang ibu mesti mampu “mencuri” waktu saat jam tidur bayi untuk juga bisa tertidur. Dan, di saat senggang, luangkan waktu untuk relaksasi barang sejenak demi melapas stres dan berbagai bentuk kepenatan. Misalnya melakukan pijat badan, mendengar musik, melihat film, dan sebagainya. Dengan begitu, tubuh ibu tetap sehat dan pikiran mampu mengontrol tingkat stres yang ada.

Jangan lupa pula untuk berolahraga ringan secara teratur. Pilihannya mungkin dengan berjalan-jalan atau senam. Olahraga juga efektif dalam meredam stres dan menjaga kebugaran tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda