Scroll to Top

Tanda-Tanda Umum Serangan Jantung

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 03 Apr 2012

Serangan jantung menyerang tanpa diduga. Bisa saat tertidur, bekerja, atau bahkan berolahraga. Tidak bisa diprediksi mutlak jika orang bertubuh ramping lebih aman dari serangan jantung dibandingkan yang gemuk. Memang, orang gemuk punya potensi terkena serangan jantung lebih besar dari mereka yang tubuhnya ideal.

serangan jantung

Penyebab serangan jantung bisa bermacam. Penyumbatan kolesterol di pembuluh darah koroner kerap menjadi kasus yang sering ditemukan. Tekanan darah tinggi juga memicu terjadinya masalah ini. Sehingga, memperhatikan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah menjadi beberapa pencegah masalah jantung. Selain itu, perlu untuk menjaga diri ketika mengalami stres.

Jika ingin mengetahui seberapa sehat kondisi jantung memang perlu dilakukan serangkaian tes. Misalnya tes stres, profil lipid, check-up tahunan, EKG, gula darah, hingga treadmill. Tes ini bisa melihat sejauhmana jantung Anda kuat dan memprediksi potensi terkena serangan jantung.

Kadang serangan jantung menunjukkan tanda-tanda tertentu. Jika Anda menemukan tanda berikut ini di tubuh Anda, segera hubungi penyedia layanan kesehatan setempat untuk melakukan pengecekan jantung Anda.

  • Dada terasa tidak nyaman. Serangan jantung biasanya ditandai perasaan “beda” di dada. Terutama di tengah dada, terasa tidak nyaman yang dapat terjadi beberapa menit. Rasa itu bisa pergi atau malah kembali lagi. Ini menjadi tanda umum.
  • Tidak nyaman di tubuh bagian atas. Ketidaknyamanan juga merembet ke bagian tubuh lain. Misalnya pada satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang, atau perut. Mungkin juga terasa sakit di bagian itu.
  • Sesak napas. Rasa sesak ini bisa terjadi dengan disertai dada tidak nyaman atau pun tidak.
  • Tanda lain berupa muncul keringat dingin, mual, atau pusing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda