Scroll to Top

Lionel Messi Cuma Mencetak 1 Gol dalam 7 Pertemuan Melawan Klub Italia

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 03 Apr 2012

Ancaman serius melanda kubu Barcelona menjelang leg kedua perempat final Liga Champions menghadapi AC Milan. Bukan hanya karena faktor skor 0-0 yang diperoleh di leg pertama. Melainkan karena Lionel Messi.

lionel messi ac milan

Sebuah statistik yang cukup mengejutkan, dalam tujuh pertandingan menghadapi klub-klub Italia, Lionel Messi kehilangan tajinya. Sang nomor 10 tercatat cuma mencetak 1 gol. Itu pun melalui titik penalti. Hal yang tentunya cukup kontras dengan produktivitas sang mesiah selama ini.

Kutukan Lionel Messi menghadapi klub Italia dimulai pada musim 2005/2006. Ketika itu Barcelona menghadapi Udinese di babak penyisihan grup Liga Champions. Dua kal El Barca menekuk Antonio di Natale dkk. Masing-masing dengan skor 4-1 di Camp Nou dan 0-2 di Friulli.

Ketika itu, Messi yang masih bocah cuma diturunkan ketika laga digelar di kandang sendiri. Namun, dari 4 gol yang bersarang ke Udinese di Camp Nou, tak ada satu pun yang dibuat Leo Messi.

Pertemuan dengan klub Italia berikutnya terjadi pada musim 2009/2010, yaitu menghadapi Internazionale. Cukup unik karena seperti AC Milan musim ini, ketika itu El Barca bermain 4 kali dengan Inter. 2 di babak penyisihan dan 2 di babak semifinal.

Di penyisihan grup, Barcelona terlalu tangguh di depan Internazionale. Di Giuseppe Meazza, kedua tim bermain imbang 0-0. Kemudian, kala laga digelar di Camp Nou, El Barca menguliti pasukan Jose Mourinho 2-0. Messi hanya tampil sekali dari dua kesempatan tersebut (saat imbang 0-0); dan lagi-lagi tanpa menghasilkan gol.

Kedua tim bertemu lagi di semifinal Liga Champions dalam keadaan yang berbeda. Di semifinal leg pertama, Inter mampu menekuk Barcelona 3-1. Berikutnya, giliran bermain di Camp Nou, El Barca cuma bisa mencetak 1 gol meski lawan cuma bermain dengan 10 orang. Lagi-lagi Messi tak mampu mengoyak gawang klub Italia.

Pahitnya takdir tak bisa menjebol pertahanan tim Serie-A berlanjut hingga musim ini. Barcelona sudah tiga kali bertemu dengan AC Milan. Pertama dan kedua di babak penyisihan grup, dan kedua di perempat final leg pertama.

Dari tiga kesempatan itu, cuma sekali Lionel Messi menjebol gawang AC Milan. Itu pun melalui titik putih ketika Barcelona menekuk Rossoneri 2-3 di San Siro. Satu dari 12 gol yang dilesakkan sang mesiah di Liga Champions.

Total, satu gol dari 7 pertandingan dibuat Messi ketika berhadapan dengan dinding tebal pertahanan klub Italia. Kini, di leg kedua perempat final Liga Champions, mampukah Lionel Messi memecahkan kutukan? Atau, sang nomor 10 kembali menemui jalan buntu di hadapan AC Milan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda