Scroll to Top

Mau Charge Handphone? Masukan Saja Ke Saku

By Ditya / Published on Tuesday, 03 Apr 2012

E-TekstilPernahkah anda membayangkan charge baterai handphone dengan cara memasukannya ke dalam saku pakaian? Hal ini akan segera terwujud dengan seragam tentara Inggris.

Seragam tentara Inggris akan menggunakan E-tekstil yang dapat menghantarkan listrik menggunakan benang yang ditenun dan langsung dapat menggantikan baterai dan kabel yang rumit.

Hal ini memungkinkan tentara untuk mengisi ulang baterai melalui seragamnya dan dapat mengurangi jumlah kabel yang dibawa.

“Kami memiliki benang yang bulit-in konduktif yang dapat mengambil daya dan data ke tempat yang dibutuhkan,” kata Asha Thompson, direktur dari Intellegent Textiles.

Salah satu masalah pada kabel konvensional adalah ketika kabel tersebut pecah akan menjadi bencana, sedangkan pada E-tekstil ini adalah membangun redudansi, sehingga ketika kain rusak atau sobek masih dapat melakukan re-routing data.

Perusahaan Intellegent Textile ini telah menerima 234 ribu poundsterling untuk mencari solusi dalam rangka mengurangi beban fisik tentara.

Saat ini baterai terpisah yang digunakan pada beberapa peralatan militer akan menambah beban prajurit. Inilah salah satu alasan mengapa baterai terpusat sangat diperlukan.

“Kami punya kain yang diintegrasikan dalam rompi, baju, helm, ransel dan sarung tangan. Hal ini memungkinkan untuk mengirimkan daya atau data kemana pun. Kita bisa mengirim pasokan daya ke helm tanpa kabel tambahan,” kata Asha Thompson

Perusahaan ini akan berencana melakukan uji coba lapangan pada bulan Mei dan akan digunakan untuk penggunaan terbatas pada akhir tahun.

Seperti yang dikutip dari BBC, tentara juga dapat melakukan charging baterai pada gadget atau handphone mereka melalui seragam yang terbuat dari E-tekstil ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda