Scroll to Top

Lionel Messi Pencetak Gol Terbanyak Liga Champions dalam Semusim

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 04 Apr 2012

22 Mei 1963. Final European Cup (sekarang Liga Champions) musim 1962/1963. AC Milan bertemu dengan Benfica di Stadion Wembley.

Lionel Messi 2

45700 penonton di sana sempat takjub oleh aksi Eusebio, legenda Portugal, yang membawa Benfica unggul di menit 18. Namun, dipastikan mereka akan lebih terpukau oleh Jose Alfatini.

Pemain yang pernah memperkuat timnas Brazil dan Italia ini sukses mencetak dua gol balasan AC Milan di babak kedua sekaligus mengantarkan klub Italia tersebut meraup gelar European Cup pertama dalam sejarah mereka.

Jose Alfatini. Nama ini menjadi buah bibir hingga saat ini. Alfatini tercatat membukukan 14 gol dan menduduki puncak top skorer European Cup musim 1962/1963. Termasuk, 5 golnya saat AC Milan membekap Union Luksemburg 8-0.

Hingga leg pertama perempat final Liga Champions musim ini, belum ada pemain yang mampu meneruskan prestasi spektakuler pemain kelahiran 1938.

Sebelum akhirnya, pagi ini seorang pemain bertakdir serupa; menyamai catatan Alfatini. Dialah Lionel Messi; ya lagi-lagi nama ini.

Sama seperti Alfatini, Messi merasakan nikmatnya mencetak 5 gol dalam sebuah pertandingan. Kalau Alfatini menjadikan klub Luksemburg sebagai korban, Messi membuat Bayer Leverkusen, klub Jerman, sebagai sasaran pembantaian pada babak 16 besar.

Lionel Messi sendiri menjadi pemain pertama yang mampu membukukan 5 gol di era Liga Champions; atau setelah 20 tahun kompetisi ini bergulir.

Sama seperti Alfatini pula, Lionel Messi kini resmi mencetak 14 gol dalam semusim. Dua gol penaltinya ke gawang AC Milanlah yang mengantar penyihir Argentina mengimbangi Alfatini. Lagi-lagi, Messi menjadi pemain pertama di era Liga Champions yang mampu mencetak gol sebanyak ini; 49 tahun setelah kesuksesan Alfatini.

Mengingat Barcelona sudah memastikan lolos ke semifinal Liga Champions, peluang Messi menyandang gelar top skorer Liga Champions dalam semusim sepanjang masa seorang diri, terbuka lebar. Minimal akan ada dua pertandingan yang akan dihadapi Lionel Messi.

Dengan rerata gol yang mencapai 1,56 gol perlaga; kita cuma tinggal menunggu waktu kapan dan di mana rekor ini diambil Messi. Apakah di Stamford Bridge (karena kemungkinan Chelsea yang lolos) atau di Camp Nou?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda